Angkasa Pura 2

Malaysia Turunkan Harga BBM Rp900/Liter

KoridorRabu, 3 Desember 2014
FUEL PRICE_RON95

KUALA LUMPUR (beritatrans.com) – Ternyata sejak 1 Desember 2014, pemerintah Malaysia menetapkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis bensin RON 95 dan RON 97. Kedua jenis BBM tersebut, masing-masing akan turun empat sen (Rp400), dan sembilan sen (Rp900) per liter nya.

Uniknya, pemerintah Malaysia malah menetapkan kebijakan berbeda untuk harga BBM jenis solar, dimana terjadi peningkatan harga sebesar tiga sen.

Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumen Malaysia mengumumkan, bahwa harga baru bensin RON 95 dan RON 97, untuk bulan Desember ditetapkan pada RM 2.26, dan RM 2.46 per liter.

Menteri Datuk Hasan Malik mengatakan, pemerintah Malasyia akan terus memantau harga pasar bensin dan diesel di tingkat dunia, serta nilai tukar mata uang, dalam beberapa bulan mendatang.

“Saya juga ingin mengingatkan perusahaan-perusahaan minyak dan pemilik pompa bensin untuk mengikuti harga baru. Tindakan tegas akan diambil terhadap mereka yang tidak mematuhi sistem harga baru,” tegas Menteri Datuk Hasan Malik.

Sekadar info, harga minyak mentah dunia kian anjlok. Harga minyak mentah turun ke bawah level 65 per barel dolar AS. Harga tersebut merupakan kali pertama terjadi sejak Mei 2010.

INDONESIA?
Untuk harga BBM di Indonesia, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menegaskan keseriusan pemerintah untuk menerapkan kebijakan subsidi tetap BBM pada 2015. Saat ini, pemerintah terus melakukan pengkajian dan persiapan untuk menerapkannya. “Reformasi subsidi BBM akan terus berlanjut. Pemerintah sedang mengkaji skema subsidi tetap,” kata Bambang di kantor Kementerian Keuangan, Rabu (3/12/2014).

Dia juga menegaskan Harga akan naik bila ada kenaikan harga minyak mentah dan pelemahan nilai kurs rupiah. Begitu juga sebaliknya. (ani).