Angkasa Pura 2

INSA Gelar Rapat Kerja Poros Maritim

DermagaJumat, 5 Desember 2014
IMG_00000748_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Para pengusaha pelayaran nasional yang tergabung dalam Indonesia National Ship-Owners Assosiation (INSA) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 10 – 11 Desember 2014 di Jakarta. Rakernas ini untuk menyikapi program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berambisi membuat Indonesia sebagai Poros Maritim dunia.

“Rakernas ini sebagai bentuk dukungan INSA pada program pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia,” kata Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto di Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Carmelita Hartoto mengatakan, para pengusaha pelayaran ingin mendengarkan langsung dari pemerintah terkait program dan dukungan langsung kepada industri pelayaran nasional dalam upaya mewujudkan gagasan tersebut.

“Kami ingin mendengarkan langsung dari pemerintah tentang langkah-langkah untuk mengimplementasikan gagasan poros maritim tersebut,” katanya.

Carmelita Hartoto menjelaskan, Indonesia sudah memiliki modal untuk mewujudkan poros maritim dunia. Modal utama adalah sumber daya kelautan yang begitu besar dan nyata, baik transportasi dan perkapalan, offshore, pariwisata, kawasan pesisir dan pantai, serta industri perikanan dan kelautan lainnya.

Ketua panitia Rakernas Lolok Sudjatmiko mengatakan, Rakernas dihadiri oleh seluruh pengurus INSA dari pusat hingga daerah.

“Kami juga mengundang Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri untuk menjadi pembicara,” kata Sudjatmiko.

Ia berharap, dalam Rakernas itu terjadi dialog yang konstruktif sehingga menghasilkan rekomendasi yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah. (aliy)

loading...