Angkasa Pura 2

Penumpang Pesawat di Bandara Pinang Kampai Dumai Melonjak 65%

BandaraSelasa, 9 Desember 2014
93cadb737c4e05061dc23d4pv-17352

DUMAI Tberitatrans.com) – Jumlah penumpang maskapai pesawat komersial dan carteran di Bandara Pinang Kampai (PK), Kota Dumai, hingga Desember 2014 terus meningkat hingga mencapai 65 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Pinang Kampai Dinas Perhubungan Dumai Catur Hargowo menyebutkan, kenaikan penumpang yang menggunakan jasa transportasi penerbangan ini terutama pada jurusan Dumai-Jakarta pulang pergi (PP).

“Jumlah yang berhasil kita data pada jelang akhir Desember ini penumpang pesawat jurusan Dumai-Jakarta di Bandara Pinang Kampai terus mengalami kenaikan menjadi 65 persen,” katanya kepada media, Senin (8/12/14).

Dia menjelaskan, pada Oktober lalu layanan penerbangan menggunakan maskapai pesawat Trans Nusa hanya sekitar 35 persen, dan naik 45 persen pada November, kemudian Desember mengalami peningkatan jadi 65 persen.

“Maskapai Trans Nusa telah memulai penerbangan di bandara Pinang Kampai sejak Oktober lalu, dan sejauh ini antusias masyarakat cukup baik,” sebut dia.

Menurutnya, penumpang yang memanfaatkan maskapai ini tidak hanya berasal dari Kota Dumai, melainkan juga beberapa daerah, seperti Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti.

Selain masyarakat umum, Trans Nusa juga melayani pengangkutan penumpang carteran dari kalangan karyawan PT Pertamina sebanyak 10 persen dari total 90 kursi di pesawat tersebut.

“Dalam rangka menambah volume penumpang di bandara, kita juga menggandeng kerja sama dengan sejumlah pihak angkutan penumpang laut dan darat,” jelasnya.

Dinas Perhubungan (Dishub) Dumai, lanjut dia, akan terus melengkapi sejumlah fasilitas dan sarana di bandara guna meningkatkan pelayanan dan memaksimalkan pengelolaan untuk kepentingan pemasukan keuangan daerah.

Sebelumnya, Maskapai Lion Group berencana melayani rute Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Padang, Sumatera Barat, pergi-pulang satu kali per hari.

“Dalam waktu dekat ini, kami membuka dua rute penerbangan itu dengan menggunakan pesawat ATR-72 berkapasitas 72 kursi,” kata Manajer Penjualan Lion Air Pekanbaru Novianti Harahap kepada wartawan Antara.

Dia menilai, prospek Pekanbaru-Dumai-Padang memiliki pasar khusus terutama para pekerja perusahaan minyak dan gas bumi, yakni PT Chevron Pacific Indonesia dan PT Pertamina RU II. (husfani).

loading...