Angkasa Pura 2

148 Pelayanan Publik Transportasi Raih Penghargaan Pelayanan Prima

Another NewsKamis, 11 Desember 2014
IMG_00000810

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerin Perhubungan (Kemhub) memberikan penghargaan Pelayanan Prima tahun 2014 terhadap 148 unit pelayanan publik transportasi baik unit pemerintahan BUMN, maupun swasta dari seluruh Indonesia.

“Pelayanan Prima sangat penting untuk negara karena terkait dengan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan dalam sambutan pemberian penghargaan Pelayanan Prima di kantor Kemhub Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, peningkatan pelayanan publik itu sangat penting. Ukuran penilaiannya juga sudah jelas. “Tapi ada yang lebih penting dari penghargaan pelayanan prima, yaitu penghargaan dari masyarakat dan pelanggan,” kata Jonan.

Kepala Pusat Kajian Pelayanan Jasa Transportasi dan Kemitraan Kemhub Imam Hambali mengatakan, penghargaan pelayanan prima dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu kategori Prima Utama 27 unit, kategori Prima Madya 74 unit, dan kategori Prima Pratama 47 unit.

“Pemberian penghargaan ini merupakan kegiatan rutin setiap dua tahun sejak tahun 2003 sebagai upaya pemerintah untuk merangsang semangat kreativitas dan memotivasi unit-unit pelayanan masyarakat untuk terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi,” kata Imam.

Menurutnya, mekanisme penilaian mengikuti instrument atau kriteria yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan RB Nomor 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayan Publik. (aliy)