Angkasa Pura 2

Kemenhub Minta Angkasa Pura Diskon Landing Fee Pesawat Wide Body

BandaraJumat, 12 Desember 2014
IMG_00000822_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) meminta agar PT Angkasa Pura I dan II memberikan diskon landing fee sebesar 50% bagi pesawat-pesawat berbadan lebar atau wide body yang terbang di rute domestik.

“Surat edarannya sudah dikirim ke Angkasa Pura I dan II,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan di Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Jonan mengatakan, diskon landing fee sebesar 50% agar ruang udara bisa lebih longgar dan bisa dimanfaatkan lebih optimal.

Menurut Jonan ada beberapa rute yang bisa menggunakan pesawat berbadan lebar, seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Kualanamu, Lombok, dan Biak.

Ia mencontohkan penerbangan Jakarta – Surabaya yang sekarang diterangi selama 20 jam per hari dengan jadwa penerbangan setiap 30 menit sekali. Dengan pesawat yang digunakan sekarang, berarti ada 40 penerbangan dari Jakarta dan 40 penerbangan dari Surabaya.

“Tetapi kalau menggunakan pesawat berbadan lebar, berarti bisa 20 pesawat dari Jakarta dan 20 pesawat di Surabaya. Sehingga ruang udaranya jadi longgar,” katanya.

Meskipun demikian, Jonan mengelak saat ditanya soal efisiensi penggunaan pesawat berbadan lebar untuk rute-rute pendek. Begitu juga soal bakal berkurangnya pendapatan PT Angkasa Pura bila memenuhi permintaan diskon 50% itu.

“Saya hanya mengurus ruang udara. Tidak mengurus bisnisnya. Silahkan tanyakan ke mereka (Airline dan Angkasa Pura, red),” ujar Jonan. (aliy)