Angkasa Pura 2

Kemenhub Limpahkan Pengembangan 15 Pelabuhan ke Pelindo

DermagaSenin, 15 Desember 2014
IMG-20140722-03392

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyerahkan pengembangan 15 pelabuhan komersil ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 2015 mendatang. Kemenhub sendiri akan lebih fokus mengembangkan pelabuhan-pelabuhan non komersil di kawasan terpencil untuk mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi.

“Kebijakan baru tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan aksesibilitas, mempercepat pemerataan infrastruktur transportasi, membuka keterisolasian, dan meningkatkan infrastruktur kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar,” kata Staf Khusus Keterbukaan Informasi Publik Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com di Jakarta, Senin (15/12/2014).

Hadi menjelaskan, pelimpahan tersebut tertuang dalam surat Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada Menteri BUMN Rini M Soemarno, awal pekan ini. Pengembangan yang dimaksud dalam surat tersebut meliputi pembangunan dan atau rehabilitasi fasilitas pelabuhan.

Pada APBN 2015, Kementerian perhubungan telah menganggarkan dana sebesar Rp 492, 571 miliar untuk pengembangan 15 pelabuhan tersebut.

“Untuk selanjutnya, dana yang sudah dialokasikan tersebut akan digunakan untuk pengembangan pelabuhan-pelabuhan yang tidak diusahakan atau tidak memiliki nilai komersil,” jelas Hadi M Djuraid.

Saat ini di seluruh Indonesia terdapat 1.241 pelabuhan. Dari jumlah tersebut, 112 BUMN dikelola oleh BUMN Kepelabuhanan, dan selebihnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT). (aliy)