Angkasa Pura 2

Kemenhub Evaluasi Seluruh Standar Pelayanan Minimum

Another NewsSenin, 22 Desember 2014
Metromini Bobrok

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini sedang melakukan evaluasi terhadap semua Standar Pelayanan Minimum (SPM) di sektor transportasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menunjuk Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan untuk melaksanakan evaluasi terhadap SPM yang berlaku saat ini.

“Menhub menargetkan evaluasi terhadap seluruh SPM sudah tuntas pada 1 Januari 2015,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan untuk Keterbukaan Informasi Publik Hadi M Djuraid melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com di Jakarta, Senin (22/12/2014).

Menurutnya, saat ini sudah ada tujuh peraturan SPM bidang perhubungan. Peraturan tersebut ada yang berbentuk Peraturan Menteri, ada yang berbentuk Peraturan Direktur Jenderal. Ketujuh SPM tersebut adalah:

1. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan.
2. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 98 Tahun 2011 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Umum Dalam Trayek.
3. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 46 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Umum Tidak Dalam Trayek.
4. Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No SK 4608 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan.
5. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 47 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kereta Api.
6. Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor 107 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan di Atas Kapal.
7. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 tahun 2012 tentang Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Di antara SPM yang sudah ada, terdapat Peraturan Menteri Perhubungan tentang SPM yang baru berlaku pada tahun 2014 yaitu SPM tentang angkutan orang dengan kendaraan umum tidak dalam trayek dan angkutan orang dengan kereta api. Kendati relatif masih baru, dua SPM tersebut juga tidak luput akan dievaluasi. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari