Angkasa Pura 2

Kemenhub Berkomitmen Alokasikan Pengadaan Buskota & Armada Perintis untuk DAMRI

KoridorRabu, 24 Desember 2014
IMG_20140623_074525

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen memberikan alokasi pengadaan buskota dan bus perintis kepada Perum DAMRI. Pertimbangannya adalah BUMN tersebut sudah teruji dan dinilai profesional dalam jasa usaha angkutan buskota dan bus perintis di begitu banyak daerah.

“Komitmen itu merupakan perintah dari Bapak Menteri Perhubungan agar pelayanan buskota dan bus perintis lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Peningkatan kualitas hanya bisa dilakukan oleh perusahaan yang profesional,” ungkap Plt. Dirjen Perhubungan Darat Sugihardjo kepada beritatrans.com, Rabu (24/12/2014).

Staf Ahli Menteri Perhubungan itu mengutarakan sejauh ini Perum DAMRI dinilai profesional dalam melayani berbagai pelayanan jasa angkutan darat, terutama angkutan penumpang.

“Karena itu, untuk pengadaan bus dari skema APBN 2015, kami cenderung untuk memberikan kepada Perum DAMRI. Hanya saja, kami menuntut DAMRI agar menggenjot profesionalitasnya dalam melayani buskota dan bus perintis,” cetusnya.

Dengan demikian, dia menuturkan alokasi pengadaan bus untuk rakyat tersebut cenderung untuk tidak memberikan kepada pemerintah daerah (pemda). Pengalaman selama ini membuktikan alokasi pengadaan bus tersebut tidak bisa dilaksanakan oleh pemda untuk melayani warganya.

Sugihardjo mengemukakan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada rakyat. Maka alokasi pengadaan bus akan berupa armada dengan fasilitas pendingin udara (AC). Sehingga nantinya rakyat lebih nyaman lagi dalam menggunakan angkutan umum.

Pada sisi lain, dia menjelaskan dengan beroperasinya armada ber-AC maka akan merangsang pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. “Pada konteks ini maka terjadi multimanfaat, antara lain pengehamatan konsumsi BBM, menekan biaya transportasi, serta mengurangi polusi udara serta potensi kemacetan arus lalu lintas,” ujarnya. (aliy/awe).

loading...