Angkasa Pura 2

Libur Natal, Perjalanan Keluar Jakarta Padat

KoridorThursday, 25 December 2014

JAKARTA (beritatrans.com) – Liburan Natal dan Tahun Baru 2015 dimanfaatkan warga Jakarta untuk pulang kampung atau pergi ke tempat objek wisata. Data yang dihimpun pers menyebutkan semua moda transportasi dari Jakarta ke berbagai daerah padat terutama penerbangan. Termasuk kendaraan pribadi yang ikut meramaikan Pelabuhan Penyeberangan Merak Banten.

Sebanyak 1.100 penerbangan melayani liburan Natal 2014. Penerbangan tersebut dimulai dari pukul 00.00 WIB. Demikian data Posko Utama Monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru Bandara Soekarno Hatta.

“Penerbangan hari ini (Rabu-red) jumlahnya 1.100,” ujar petugas Posko Utama Monitorng Angkutan Liburan Natal dan Tahun Baru Bandara Soekarno Hatta seperti dikutip tribunnews.com di Jakarta, Rabu (24/12/2014) petang.

Dia menjelaskan 1.100 penerbangan tersebut tujuan seluruh Indonesia. Sedangkan ada 10 kota yang paling padat penerbangannya untuk liburan Natal tahun ini, di antaranya Surabaya Denpasar, Kualanamu, Makassar, Yogyakarta, Balikpapan, Pontianak, Padang, Palembang, dan Pekanbaru.

Kemacetan panjang terjadi di ruas Tol Cikampek dari Jakarta arah ke Bandung. Kemacetan bahkan terjadi sejak Km 10. “Kita berangkat menuju Kediri Jawa Timur jam 02.00 dini hari, sekarang jam 08.00 baru sampai Sukamandi, Subang. Sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai masuk jalur Pantura macet parah,” ucap Ny.Mariana kepada beritatrans.com di Jakarta, Kamis (25/12/2015).

Dia tak tahu ini, sampai dimana kemacetan panjang Pantura akan berakhir. Yang pasti, sejauh ini perjalanan di daerah Subang menuju Indramayu maish padat merayap. “Kecepatan kencaraan hanya bisa rata-rata 10 km per jam. Sementara, arus sebaliknya menuju Jakarta lancar sekali,” tutu Mariana lagi.

Dedi seorang pengguna jalan lain menambahkan, tadi keluar Tol Cikunir nggak bisa (padat -red). Saya putar balik lewat Pondok Kelapa dan masuk di pertemuan Tol JORR dengan Cikampek. “Ini cuma 10 Km/jam. Lancar bisa sampai 30 Km/jam, tapi cuma 5 menit berhenti lagi,” paparnya.

Sebelumnya, kondisi arus lalu lintas di pelabuhan Merak, Banten, padat merayap. Kendaraan pribadi mendominasi dari pintu gerbang masuk pelabuhan hingga loket masuk mobil pelabuhan tersebut.

Petugas Polsek KSKP Pelabuhan Merak, Bripka Ujip mengatakan, kemacetan mulai parah sejak pukul 01.00 WIB, Kamis (25/12/2014). Kendaraan maju perlahan lalu parkir sebentar menuju antrean loket.

“Dari pukul 01.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB kendaraan masih padat merayap,” ujar Ujip saat dikonfirmasi detik.com.
Dia mengatakan, hal ini karena melonjaknya jumlah kendaraan pribadi di jalur itu untuk menyeberang ke Sumatera. “Besok kan Natal, banyak kendaraan pribadi yang hendak masuk ke pelabuhan. Bersaing dengan kendaraan yang membawa logistik dan lainnya. Kendaraan pribadi mendominasi,” tambah Ujip.(helmi/awe).