Angkasa Pura 2

KAI Layani Perubahan Jadwal Perjalanan Penumpang

EmplasemenJumat, 26 Desember 2014
Agus-komarudin

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemesanan tiket yang sudah dipesan di PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini bisa diganti sesuai kebutuhan waktu. Untuk masyarakat yang tinggal di kota penuh kesibukan seperti Jakarta, mengubah waktu liburan dalam waktu singkat tentu hal yang umum dilakukan. Terkadang, perubahan waktu ini juga mengganggu jadwal waktu liburan, apalagi jika sudah memesan tiket terlebih dahulu.

Data stasiun Gambir, sudah ada 132 calon penumpang mengubah jadwal keberangkatannya. Dengan begitu tiket yang sudah dipesan oleh calon penumpang sebelumnya bisa dibeli kembali oleh calon penumpang lain. “Ada 132 penumpang yang (melakukan) perubahan jadwal,” ujar Humas PT KAI Daerah Operasional I Jakarta Agus Komarudin, di stasiun Gambir, Kamis (25/12/2014).

Seperti dilansir kompas.com, Agus menjelaskan bagi calon penumpang yang mengubah jadwal keberangkatannya, tidak dikembalikan uangnya 100 persen. Dalam hal ini calon penumpang tersebut terkena potongan fee 25 persen. “Contoh, jika tiket harganya 100 ribu diganti tanggal yang kosong, tiket harus dibatalkan dulu. Tapi dikembalikan kena potong 25 persen,” tutur Agus.

Dia menambahkan untuk mengubah atau membatalkan tiket kereta di daerah operasional 1 PT KAI bisa melalui stasiun Gambir. Dengan begitu, calon penumpang tidak perlu susah payah menuju tempat stasiun keberangkatan mereka nanti.

“Di stasiun Gambir cancel dari berbagai jurusan kereta, dari stasiun Senin bisa canceling juga di sini,” tandas Agus.
Sementara, di Stasiun Senen pada Kamis (25/12/2014) petang ini masih dipadati calon pengguna kereta api yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru ke berbagai kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sayangnya, semua kereta api keberangkatan hari ini habis terjual.

Penumpan KA Senen

Sementara, di Stasiun Senen Jakarta pada Kamis (25/12/2014) petang ini masih dipadati calon pengguna kereta api yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru ke berbagai kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sayangnya, semua kereta api keberangkatan hari ini habis terjual.

Loket pembelian tiket dan penukaran tiket dipenuhi pengguna kereta api. Walau sudah diberitahukan habis, namun masih ada saja masyarakat yang mencoba membeli tiket. “Saya lihat di internet sudah habis, kali saja masih ada di sini, kan biasanya ada yang membatalkan perjalanan,” kata salah satu calon penumpang kereta api di Stasiun Senen, Jakarta.

Pihak KAI melalui pengeras suara menginformasikan calon penumpang bahwa kereta api semua kelas, tujuan dan jam keberangkatan sudah terjual habis. “Diharapkan agar tidak memaksakan diri dan agar memakai jasa angkutan lainnya,” seru petugas informasi.(helmi/awe)