Angkasa Pura 2

AirAsia X Jual Tiket Melbourne-Bali Walau Belum Miliki Izin

KokpitMinggu, 28 Desember 2014
AirAsia_X_A330-300X(9M-XXC)_(4429496626)

MELBOURNE (beritatrans.com) – Beragam ekspresi kekecewaan digambarkan para penumpang penerbangan langsung Melbourne-Bali AirAsia X. Pasalnya, pihak maskapai membatalkan penerbangan langsung itu sehari sebelum keberangkatan.

Dilansir dailymail.co.uk, mulai bulan Oktober Air Asia gencar melakukan promosi rute barunya. Dalam promosinya, mereka menjanjikan penerbangan langsung dari Melbourne menuju Bali mulai tanggal 26 Desember 2014. Mengangkut 377 penumpang 5 kali dalam seminggu.

Namun, pada H-1 keberangkatan, para calon penumpang mendapatakan SMS, yang mereka sebut ‘the worst text’, mengabarkan penerbangan langsung tersebut dibatalkan. Tak hanya itu, penerbangan langsung yang dijadwalkan akan berangkat pada 27 Desember 2014 diundur menjadi tanggal 28 Desember 2014. Pihak maskapai juga mengalihkan penerbangan dimana pesawat akan transit di Kuala Lumpur sebelum meluncur ke Bali. Waktu tempuh penerbangan menjadi 13 jam lebih lama.

Para penumpang mengaku banyak rencana mereka yang gagal akibat pembatalan dan pengalihan penerbangan langsung ini. Laman facebook resmi AirAsia dipenuhi komentar-komentar pedas. Salah satunya Julie Chumbley yang memberikan sindiran melalui laman facebook AirAsia. Ia mengeluh karena anak lelaki dan menantunya tak dapat hadir dalam acara pernikahan anak perempuannya yang diadakan di Bali. Ia juga mengaku pelayanan dari pihak maskapai kurang memuaskan saat mereka mencoba mengganti penerbangan.

Selain Chumbley, masih banyak penumpang yang mengeluh dirugikan secara finansial. Mereka mengaku sudah memesan hotel di Bali. Selain itu mereka merasa tertipu dengan promosi tiket yang dilakukan AirAsia sejak Oktober lalu.

Juru bicara maskapai mengatakan penerbangan dialihkan karena izin penerbangan belum sepenuhnya disetujui. Ia juga menambahkan Air Asia X bekerja sama dengan otoritas yang relevan, termasuk Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Indonesia dan Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia, untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

“AirAsia X Indonesia akan memulai penerbangan langsung Denpasar-Melbourne setelah dokumen ini selesai di proses”, katanya.

Untuk menenangkan para netizen yang kecewa, AirAsia memberikan respon melalui laman Facebook resminya, “Pengalihan penerbangan via Kuala Lumpur hanya sementara sembari kami bekerja sama dengan otoritas terkait masalah ini”. (Nudiya)

loading...