Angkasa Pura 2

TNI AU: 2 Hercules Dikirim untuk Cari Pesawat QZ8501

KokpitSenin, 29 Desember 2014
Hercules TNI AU

JAKARTA (beritatrans.com) – Proses pencarian pesawat AirAsia QZ8501 kembali dilanjutkan, Senin (29/12/2014) pagi. Semua kekuatan bangsa baik TNI, Basarnas bahan nelayan di wilayah perairan yang menjadi objek pencarian pesawat juga diberdayakan.

Komandan Lanud Halim Marsma Sri Pulung mengatakan, kedua pesawat ini akan mencari pesawat bersama Pesawat Boing 737 yang dikirim dari Makasar yang saat ini sudah stand by di Pontianak. Pencarian juga akan diperbantukan dengan Heli Super Puma.

“Kita akan mencari selama tujuh jam di lokasi semaksimal mungkin. Jika kemarin pencarian dilakukan di timur selatan Babel, sekarang fokus di timur barat utara dengan dua set awak yang berjumlah 30 orang,” ujar Marsma Sri Pulung di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Kepala Baarnas FHB.Soelistyo mengatakan, proses pencarian pesawat AirAsia yang hilang, Minggu sore dihentikan karena pertimbangan cuaca. Hari sudah malam dan cuaca gelap. “Sesuai rencana, proses pencarian pesawat QZ8501 akan dilanjutkan Senin besuk jam 06.00,” kata dia.

Basarnas sendiri sudah mengerahkan pesawat untuk mencari pesawat yang hilang itu. Pesawat Basarnas diberangkatkan dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Selain itu, Basarnas Spesial Grup (BSG) juga diturunkan ke lokasi dengan kapal laut melalui Dermaga PLP Kalijapat, Ancol Jakarta Utara. “Pokoknya, semua kekuatan bangsa dikerahkan untuk mencari psawat yang dinyatakan hilang itu,” tukan Soelistyo.

TNI Angkatan Udara (TNI AU) pagi ini mengirimkan dua pesawat Hercules untuk membantu pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang di lepas pantai Belitung. Penerbangan keduanya dilakukan dua kali dan akan terbang dibawah 5000 kaki.

Seperti diansir detik.com, Senin (29/12/2014) dua pesawat Hercules yang akan dikirimkan berjenis C-130. Kedua pesawat yang akan dikirimkan ialah A-1319 dengan yang dikapteni Letkol IGP Putu berangkat pukul 06.00 WIB dan pesawat A-1323 dengan kapten Mayor Akal Juang akan berangkat pukul 06.30 WIB.

Marsma Sri Pulung menjelaskan kemampuan terbang kedua pesawat Hercules ini 11 jam dan akan terbang dibawah 5000 kaki. Untuk itu, pencarian akan semakin meluas.

“Kemarin kita sudah terbang dibawah 2000 kaki. Untuk hari ini set area sampai sampai 5000 nm,” tegas Sri Pulung.(helmi/awe)