Angkasa Pura 2

Waduk Darma, Wisata Air Bernuansa Pegunungan

DestinasiRabu, 31 Desember 2014
IMG_20141230_140156

KUNINGAN (beritatrans.com) – Pergi ke Kuningan Jawa Barat tidak lengkap jika belum singgah di Waduk Darma. Waduk di dataran tinggi dekat jalan lintas Kuningan-Majalengka- Ciamis itu menawarkan pesona yang indah dan sayang dilupakan.

Sepanjang perjalanan menuju Waduk Darma harus melintasi tanjakan dan kelokan tajam. Di kanan kiri jalan terbentang hamparan sawah dengan tanaman padi mulai menguning serta rumah-rumah warga yang berjajar rapi di sepanjang jalan provinsi itu.

Latar belakang bukit menghijau dengan tanaman keras yang tumbuh subur membuktikan daerah ini adalah lahan subur dan menjadi lumbung padi warga Jawa Barat khususnya.

Sesampainya di Waduk Darma, pengunjung akan disuguhi pemandangan waduk dengan air jernih menghampar luas. Bagi pecinta olah raga air, disewakan perahu untuk keliling waduk. Para mancing mania juga bisa memuaskan hobinya di sepanjang pinggiran waduk yang luas itu.

IMG_20141230_141305

Di tepian waduk, ada taman bermain anak-anak. Bahkan ada penyedia jasa odong-odong untuk keliling taman Waduk Darma yang asri itu. Banyak pula jajanan kaki lima serta makanan dan minuman siap menjamu pengunjung waduk.

Area parkir yang luas, di lengkapi tempat duduk menghadap ke waduk bahkan beberapa gazhebo disediakan gratis untuk pengunjung. Tempat itu cocok untuk acara keluarga dan program lain bernuansa alam terbuka seperti ulang tahun, pertemuan PKK sampai acara resmi perkantoran bisa digelar disini.

Waduk Darma bisa ditempuh kurang dari satu jam dari Kota Kuningan, atau dari dua jam dari Kota Cirebon ke arah selatan. Suasana kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis serta berbagai latar belakang profesi juga menjadi pesona indah destinasi wisata bernuansa pegunungan itu.

IMG_20141230_151003_edit

Tak aneh jika Waduk Darma menjadi tujuan wisata warga sekitar bahkan pengunjung dari luar kota seperti Cirebon bahkan Jakarta. Hal itu terlihat dari deretan mobil dengan plat nomor B, D termasuk E dan Z ada di area parkir Waduk Darma.

Jika pengunjung akan beristirahat bahkan menginap ada beberapa villa di sekitar waduk yang bisa disewa. Dengan harga bersahabat dan dipastikan tidak menguras isi kantong.

Jika hujan turun atau sore hari, tampak kabut tipis mulai menyelimuti Waduk Darma yang indah menawan itu. Semua itu membuat pemandangan makin asyik dan menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung Waduk Darma. (helmi/leny/nudiya)