Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk, Citilink Tak Bisa Mendarat di Makassar

KokpitMinggu, 4 Januari 2015
Citilink di Makassar

MAKASSAR (beritatrans.com) – Cuaca buruk kembali mengganggu penerbangan di Inndonesia. Kasus ini dialami pesawat Citilink Indonesia, Sabt (3/1/2015) petang. Pesawat dari Balikpapan Kalimantan Timur itu harus kembali ke bandara asal atau return to based (RTB) dengan alasan keselamatan.

Pesawat Citilink QG 735 dari Balikpapan gagal mendarat di Bandara Hasanudian Makassar akibat cuaca buruk, Sabtu (3/1/2015) petang. Pesawat ini terpaksa kembali ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal itu terjadi karena kondisi cuaca di Bandara Hassanudin Makassar buruk dan jarak pandang pilot sangat terbatas. Demi keselamatan, maka pilot memutuskan untuk kembali ke pangkalan.

Data yang dihimpun pere menyebutkan, normalnya, pesawat ini mendarat pada pukul 17.00 WIB, namun karena tidak bisa mendarat pesawat baru tiba di Makassar sekitar pukul 21.00 Wita.

“Kami semua tegang dalam pesawat karena berulangkali pesawat berputar di atas Makassar sebelum memutuskan kembali ke Balikpapan, untung tidak habis avturnya,” kata penumpang Citilink, M Arief Saleh, saat berbincang dengan Tribun, Minggu(4/1/2014) seperti dikutip tribunews.com.

Kisah menegangkan itu juga diposting Arief melalui akun Facebook miliknya. “Kembali ke Bandara Sultan Aji Sulaiman, Balikpapan. Setlah satu jam berputar-putar di atas Makassar dan 4 kali percobaan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, tapi kondisi cuaca tak memungkinkan. Hati-hati semua,” katanya.

Usai berputar-putar di langit Makassar, Citilink akhirnya kembali ke Balikpapan atau return to base karena tidak bisa mendarat. “Balikpapan-Makassar 5 jam. Sungguh penerbangan yang menegangkan akibat cuaca buruk di Makassar,” kata Arief. (helmi/awe)