Angkasa Pura 2

Polri harus Solid Sikapi Calon Kapolri Baru

Aksi PolisiMinggu, 4 Januari 2015
Anggota Polri1

JAKARTA (beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan pada pekan ini bisa segera mengirimkan nama Kapolri baru calon pengganti Jenderal Sutarman ke Komisi III DPR untuk segera dilakukan fit and proper test. Dengan begitu tahun baru ini, Polri akan tampil dengan Kapolri baru.

“Dengan adanya Kapolri baru diharapkan Polri bisa menjalankan konsep Revolusi Mental Presiden Joko Widodo,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S.Pane di Jakarta, Minggu (4/1/2015).

Jenderal Sutarman akan segera memasuki masa pensiun. Selanjutnya, proses regenerasi di tubuh Polri harus berjalan dan estafet kepemimpinan di tubuh Polri harus berjalan dengan baik pula. “Sebelum pucuk pimpinan Polri pensiun, sudah ada generasi berikutnya yang siap menggantikan dengan prestasi yang tak kalah hebatnya,” minta Neta.

IPW berharap, jajaran Polri bisa solid dalam menentukan Kapolri baru. Solid seperti TNI dalam menetapkan KSAL dan KSAU. “Jangan seperti ayam yang saling berebut dan saling patuk, tapi harus seperti bebek yang baris teratur saat masuk kandang,” jelas Neta.

“Artinya para senior harus berjiwa besar menerima kehadiran juniornya sebagai Kapolri baru hasil pilihan Presiden. Dengan demikian Akpol 1981 dan 1982 yang angkatannya sudah menjadi Kapolri dan Wakapolri, bisa rela dan berjiwa besar untuk melicinkan jalan kader Akpol 83 menjadi Kapolri baru,” papar Neta.

Seperti diketahui, pekan ini DPR sudah mengakhiri masa resesnya. Mulai tanggal 12 Januari 2015, DPR sudah mulai melakukan kerja legislatif. “Jika Presiden mengirimkan nama Kapolri baru pada pekan ini, tentunya pada pekan depan Komisi III bisa segera memproses uji kelayakan dan kepatutan,” kata Neta.

Siapapun yang diajukan Jokowi sebagai calon Kapolri, menurut IPW, hendaknya semua pihak bisa menghormati an menerima dengan baik. Presiden Jokowi mengajukan atu atau beberapa nama menjadi calon Kapolri tentu mempunyai pertimbangan yang matang serta prestasi dan kinerja yang baik. (helmi)

loading...