Angkasa Pura 2

Ditjen KA Selesaikan Lintas Sumut dan Selatan Jawa Tahun Ini

EmplasemenRabu, 7 Januari 2015
IMG_00001002_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjanji dapat menyelesaikan pembangunan rel Kereta Api (KA) di Sumatera Utara (Sumut) dan lintas Selatan Pulau Jawa selama tahun 2015. Selama lima tahun ke depan, seluruh Pulau Sumatera sudah terpasang jalur KA.

“Tahun ini kita akan selesaikan pembanguna rel kereta lintas Selatan (Jawa) dan Sumatera Utara,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Hanggoro Budi Wiryawan di Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Jalur kereta Sumatera Utara yang pembangunannya ditargetkan selesai tahun ini adalah koridor Rantau Prapat ke Kota Pinang. Kemudian berlanjut ke Duri (Riau). Dari Duri bercabang dua jalur. Jalur pertama dari Duri ke Pelabuhan Dumai. Sedangkan jalur yang keduaDari Duri ke Pekan Baru dan berlanjut ke Jambi dan Palembang.

Menurut Hanggoro koridor tersebut perlu segera direalisasikan karena potensi ekonominya cukup tinggi. Khusus di Riau misalnya, ada potensi angkutan barang yang mencapai 20 juta ton per bulan.

“Kalau 10 persen dari 20 juta ton itu bisa diangkut oleh kereta api kan bagus. Selain bisa menghasilkan pendapatan untuk kereta api, juga bisa mengurangi beban jalan raya,” ujarnya.

Sedangkan target penyelesaian jalur rel lintas Selatan pulau Jawa untuk mengurangi beban di lintas Utara yang jumlah perjalanan kereta api semakin padat dari tahun ke tahun. (aliy/awe)