Angkasa Pura 2

Kemenhub Tawarkan Swasta Bangun Lima Koridor Kereta Api

EmplasemenKamis, 8 Januari 2015
Hanggoro

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menawarkan ke pihak swasta untuk membangun jaringan rel kereta api yang memiliki nilai profitable. Tawaran itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang menghendaki agar koridor-koridor yang nilai ekonominya tinggi sebaiknya dibangun oleh perusahaan swasta.

“Pemerintah yang dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian lebih difokuskan membangun jaringan kereta api untuk kepentingan masyarakat umum dan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hanggoro Budi Wiryawan kepada beritatrans.com di Jakarta.

Kelima koridor yang ditawarkan ke swasta itu berada di Kalimantan Timur dua koridor yaitu Koridor Kutai Barat – Balik Papan sekitar 200 km dan koridor Muara Wahau – Lubuk Tutung 182 km. Kemudian di Kalimantan Tengah koridor Puru Cahu – Batanjung sepanjang 400 km.

“Sedangkan dua koridor lainnya ada di Sumatera Selatan yaitu koridor Tanjung Apiapi ke Bengkulu sekitar 230 km dan koridor Tanjung Enim ke Tanjung Apiapi sepanjang 290 km,” ujar Hanggoro.

Menurutnya di koridor-koridor itu banyak terdapat hasil tambang seperti batubara. Sehingga lebih cocok para pengusaha swasta sendiri yang membangun jaringan kereta apinya. (aliy)