Angkasa Pura 2

Kapal Ditjen Hubla KN Jadayat Berhasil Memindai Dua Objek Besar AirAsia QZ 8501

DermagaJumat, 9 Januari 2015
KN Jadayat/beritatrans.com

JAKARTA (beritatrans.com) – Kapal Navigasi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakni Kapal Negara (KN) Jadayat berhasil memindai dua objek besar yang diperkirakan bagian dari pesawat AirAsia QZ 8501.

“Saya mendapat laporan KN Jadayat yang menjadi bagian dari tim SAR gabungan di bawah koordinasi Basarnas berhasil memindai dua objek cukup besar yang diperkirakan bagian dari pesawat AirAsia,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit kepada beritatrans.com di Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Objek pertama memiliki ukuran 15x3x3 meter, sedangkan objek kedua memiliki ukuran 5x3x3 meter.

Bobby mengatakan, KN Jadayat memang sengaja diperintahkan untuk terus mengawal tim SAR gabungan. “KN Jadayat memang tidak pernah beranjak dari lokasi pencarian,” ujar Bobby.

Berdasarkan data Basarnas, pencarian hari ke-13, Jumat (9/1/2014), armada laut yang terlibat sekitar 32 kapal. Terdiri dari enam kapal milik Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, 10 kapal milik TNI AL, tiga kapal milik Basarnas, satu kapal milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), satu kapal MGS GeoSurvey milik asosiasi kontraktor, tiga kapal milik Polri, satu kapal milik Crest Onix Rusia, dua kapal Singapura, dua kapal Malaysia, dua kapal Amerika Serikat, dan satu Kapal SAR dari RRC.

Sedangkan untuk dukungan udaranya terdiri dari 11 helikopter dan enam fix-wings aircraft. Ke-11 helikopter itu adalah TNI AL (3), TNI AU (2), Basarnas (2), Singapura (2), Dan Amerika (2). Sedangkan enam fixed-wing adalah milik TNI AU (4), Rusia (1), dan Korea Selatan (1). (aliy/awe)