Angkasa Pura 2

4 Korban Tewas dan 18 Pohon Tumbang di Kebun Raya Bogor

DestinasiMinggu, 11 Januari 2015
Pohon tumbang Kebun Raya Bogor

BOGOR (beritatrans.com) – Angin kencang yang melanda Kota Bogor, Minggu (11/1/2015) membuiat belasan pohon termsuk di Kebun Raya Bogor (KRB) Tumbang menutup jalan di kawasan ini. Sedikitnya empat pengunjung KRB tewas akibat tertimpa pohon yang tumbang akibat terpaan angin kencang.

Sejak beberapa hari terakhir, angin kencang dan hujan melanda Kota Bogor. Akibatnya, belasan pohon di KRB tumbang termasuk yang menimpa pengunjung. Data terakhir, sedikitnya ada 18 pohon tumbang di arena KRB. Selama beberapa hari ke depan KRB ditutup untuk umum dan daerah di dekat pohon yang tumbang dilarang melintas.

Informasi dari Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Didik Widiyatmoko, hingga Senin (1/12/2014) pukul 14.30 WIB ada 14 pohon koleksi dan empat pohon non koleksi yang tumbang. Pohon tersebut berada di Jalan Kenari 1, Jalan Kenari 2, meeting point, dan dekat jembatan Ciliwung.

Dari foto-foto yang diunggah di Facebook Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejumlah pohon besar tumbang menutup jalan. Beberapa pegawai tampak membersihkan dan menggergaji pohon agar tak menutup jalan. Pengelola KRB juga menempelkan sebuah kertas bertuliskan “Dilarang melintas, berbahaya” di dekat pohon yang tumbang.

Seperti dikutip detik.comp pohon yang tumbang itu dikarenakan umur yang sudah tua sekitar 40-90 tahun dan batang keropos. Angin kencang dan hujan melanda Bogor sejak Jumat (28/11) lalu.

Penutupan KRB sudah dilakukan sejak Minggu siang. Penutupan sementara ini berlaku hingga ada pengumuman resmi selanjutnya. Hingga siang tadi angin cukup kencang masih terasa di Bogor, disertai hujan.

Sementara, korban tewas dan luka-luka akibat pohon tumbang di Kebun Raya Bogor (KRB) saat ini berada di RS PMI, Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan, asuransi untuk para korban sepenuhnya ditanggung PT Jasa Raharja.

“Untuk asuransi korban ditanggung oleh Jasa Raharja,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, saat dihubungi, Minggu.

Informasi tersebut merupakan hasil koordinasi Bima dengan Kepala PKT Kebun Raya Bogor-LIPI Didik Widiatmoko. Selain itu Bima Arya juga telah menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk menyiapkan ambulans guna memulangkan korban meninggal ke kediaman masing-masing.

“Memang Kebun Raya ini kan wilayah teritori dari LIPI, karena kejadian ada di Kota Bogor, saya sudah instruksikan ke Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk membantu menyiapkan ambulans. Sekarang Pak Wakil Wali Kota ke rumah sakit (RS PMI), karena saya sedang di luar kota,” jelasnya.

Sebanyak 4 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Empat pengunjung tewas dan puluhan lainnya luka-luka saat pohon tua berukuran besar di Kebun Raya Bogor.

Korban yang tewas adalah Sarijo (39), asal Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor; Suryana (42), asal Kedung Halang, Sukaraja, Bogor;, Supriyono (31) asal Kandang Roda, Sukaraja, Bogor; Saifulloh (43), Cibinong, Bogor.

Saat ini, seluruh korban dibawa ke rumah sakit PMI Kota Bogor untuk diberikan penanganan medis.(helmi/aliy)