Angkasa Pura 2

Harga Turun, Pertamina Jamin Pasokan BBM Kembali Normal

KoridorSenin, 19 Januari 2015
SPBU Premium

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang memastikan pasokan BBM hari ini aman terkendali, meski sempat terjadi sedikit antrean di beberapa tempat. Beberapa SPBU terjadi kelangkaan dengan alasan belum menebus DO dan tidak ada pasokan BBM dari Depo Pertamina.

“Pantauannya sejauh ini memang ada sedikit antrean di beberapa tempat. Tapi sejauh ini juga pasokan aman karena dari semalam sudah dipenuhi,” kata Ahmad di Jakarta, Senin (19/1/2015).

Ahmad mengakui hal yang menjadi pertanyaan di masyarakat sejauh ini adalah mengapa harga BBM di Pulau Jawa, Madura, dan Bali berbeda. Seperti diketahui, harga BBM di Jakarta berbeda dengan harga BBM di Madura dan Bali.

“Harga Jawa-Madura Rp6.700, Bali Rp7.000, kenapa Jawa-Madura beda, karena Jawa-Madura itu sudah menjadi BBM umum. Di luar itu, premium menjadi penugasan,” kata Corporate Secretary Pertamina Ali Mundakir, beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium akan mengalami penurunan Rp1.000 menjadi Rp6.600 per liter. Sementara untuk Solar akan turun menjadi Rp6.400 per liter.

“Harga ini akan berlaku Minggu malam pukul 24.00 atau Senin, 19 Januari pukul 00.00,” tutur di Istana Presiden.

Seperti dikutip okezone.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meambahkan, pemerintah akan merevisi peraturan menteri ESDM yang sebelumnya akan mengumumkan harga BBM baru pada setiap satu bulan sekali.

“Dengan perubahan revisi peraturan menteri ESDM ini, dimungkinkan perubahan harga BBM akan sering terjadi, karena melihat faktor penurunan harga minyak dunia yang terus anjlok. Saat ini harga minyak dunia dibanderol USD45 per barel,” tegas Sudirman Said.(helmi/awe)