Angkasa Pura 2

AC Mati, Penumpang Buka Paksa Pintu Darurat Pesawat

KokpitSelasa, 20 Januari 2015
16138229_106c8ccc5a_o1

RIO DE JANEIRO (beritatrans.com) – Brasil sedang mengalami musim panas. Suhu bisa mencapai 40 derajat celcius. Di saat udara panas begitu, sebayak 130 penumpang pesawat Gol harus menghadapi kenyataan pendingin udara tidak berfungsi.

Kejadian di dalam pesawat yang berada di Bandara Internasional Galeao, Rio dr Janeiro itu sempat direkam oleh seorang penumpang. Rekaman tersebut disiarkan stasiun televisi setempat, Globo, dan dikutip oleh kantor berita AP, kemarin.

Penumpang pesawat tujuan San Paulo itu mencoba mengusir panas dengan cara berkipas-kipas. Benda yang dipakai di antaranya dari kertas hingga topi. Tentu saja mereka melakukan itu sambil ngedumel.

“Dasar maskapai pelayanan kere. Pecicilan. Iki pesawat opo angkot sih. Angkot wae ora gerah koyo kuwi,” begitu mungkin ngedumelnya penumpang bila menggunakan bahasa Jawa acak-acakan.

Kalau penumpang asal Kemayoran pasti bilang: “Makanya punya pesawat rajin diservis dong. Jangan cuma bisa make doang”.

Belum diketahui apakah ada yang membawa kipas dapur atau tidak agar tidak kegerahan. Bisa jadi tidak ada yang bawa, karena penduduk Brasil tidak makan nasi. Kalaupun ada yang makan nasi tentu tidak perlu mengipas-ngipas nasi sehabis dimasak. Lagipula masak iya naik pesawat mesti bawa kipas dapur segala. Ndeso tenan dan bisa tersinggung berat tuh pramugari.

Berkipas-kipas plus bonus ngegerutu jelas tidak menyelesaikan masalah. Malah udara jadi pengab dan keringat makin bercucuran. Penyebabnya selain pintu sudah ditutup, juga jendela tidak bisa dibuka, ditambah lagi semakin banyak gerakan dan omelan.

Sabar pasti ada batasnya. Seorang penumpang pesawat Gol, yang panasnya gol betul, itu tanpa perlu konsultasi atau meminta rekomendasi KPK, PPATK atau Kompolnas, segera memutuskan untuk bertindak dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Pintu darurat dibuka.

Kalau saja ada Dora, salah satu tokoh di Teletubies melihat usaha penumpang menghentikan udara panas seperti itu, pasti akan berjingkrakan sambil bilang: “Berhasil…berhasil…”

Karena kejadian itu, pilot memutuskan untuk membatalkan terbang. Pihak maskapai mengalihkan penumpang ke pesawat lain, yang tentu saja AC-nya adem seperti di kantor beritatrans.com. (agus w)

loading...