Angkasa Pura 2

Pesawat Perintis Susi Air Akan Bermarkas di Bandara Trunojoyo

KokpitWednesday, 21 January 2015

SUMENEP (beritatrans.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyatakan pesawat milik maskapai Susi Air yang akan melayani jalur penerbangan perintis dalam waktu dekat bakal bermarkas atau home base di Bandara Trunojoyo.

“Manajemen Susi Air sebagai operator penerbangan perintis yang melalui Bandara Trunojoyo Sumenep akan menjadikan Bandara Trunojoyo sebagai home base pesawatnya,” kata Kepala Dishub Sumenep Moh Fadillah di Sumenep, Rabu (21/1/2015).

Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan membuka jalur penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo dengan tiga rute, yakni Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawean (Gresik), dan Sumenep-Kangean (salah satu kepulauan di Sumenep).

“Saat ini, manajemen Susi Air sedang menyiapkan segala sesuatunya untuk memulai penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo, di antaranya berkoordinasi dengan pihak terkait di Bandara Juanda Surabaya dalam rangka menyusun jadwal penerbangan,” ujarnya dikutip Antara.

Ia menjelaskan, pesawat yang akan digunakan Susi Air adalah pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 penumpang.

“Harga tiket di masing-masing jalur penerbangan sebesar Rp150 ribu per penumpang. Jalur penerbangan perintis adalah rute yang tarifnya memperoleh subdisi dari pemerintah,” ucapnya.

Fadillah juga mengemukakan, pemerintah daerah dalam posisi menunggu terhadap realisasi penerbangan perintis yang akan melalui Bandara Trunojoyo Sumenep.

“Semua hal yang menyangkut teknis penerbangan perintis ditangani oleh pihak terkait di Kementerian Perhubungan dan maskapai yang menjadi operator. Namun, kami di pemerintah daerah sudah bisa memastikan penerbangan perintis yang melalui Bandara Trunojoyo akan segera terealisasi,” katanya. (aliy)