Angkasa Pura 2

Kapal Perintis di Biak Numfor Tunggu Penetapan Trayek

DermagaKamis, 22 Januari 2015
kapal perintis Telur cendrawasih I

BIAK NUMFOR (beritatrans.com) – Pelayanan angkutan kapal perintis di Kabupaten Biak Numfor Papua hingga petengahan Januari 2015 masih menunggu penetapan trayek dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

Sem Swabra, petugas layanan kapal perintis di Biak, Sabtu (17/1), mengharapkan penetapan trayek armada laut perintis ini segera dikeluarkan agar pelayanan penumpang tujuan Biak-Pulau Numfor, Biak-Pulau Mapia, serta Biak sekitarnya bisa terlayani dalam waktu dekat.

Karenanya, dia meminta penumpang kapal laut bersabar menanti ketetapan trayek angkutan perintis, diperkirakan prosesnya tuntas pada pekan depan sehingga pelayanan kapal perintis bisa berjalan.

Ia menyatakan, penyediaan angkutan kapal perintis oleh Kementerian Perhubungan sangat membantu pemenuhan kebutuhan transportasi laut masyarakat di berbagai kepulauan Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori.

Pada pulau terluar Mapia Kabupaten Supiori, menurut Sem, penyedikan layanan kapal perintis sangat membantu warga yang bermukim di kepulauan maupun personel TNI yang bertugas pengamanan pulau terluar.

Selama tahun 2014 pelayanan kapal perintis ke Pulau Mapia dilakukan KM Yap Wairon dan kapal Papua Lima, dengan jadwal rutin disiapkan pemerintah dan sangat membantu masyarakat untuk bepergian dari Pulau Mapia ke Biak atau Biak ke Pulau Mapia, katanya pula.

BAHAN POKOK
Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perhubungan Biak Numfor Otto Wainggai mengakui, wilayah kabupaten ini merupakan daerah kepulauan, sehingga kapal laut menjadi alat transportasi vital bagi warga kepulauan ini.

Dia mengemukakan Pemkab Biak Numfor sangat memberikan perhatian pelayanan bidang angkutan laut karena menjadi sentra pengiriman bahan pokok ke berbagai daerah sekitar Teluk Cenderawasih, kata Otto Wainggai pula.

Pada Sabtu pagi sejumlah warga Biak yang akan bepergian ke Pulau Numfor dan Pulau Mapia dengan kapal perintis terlihat mendatangi agen kapal perintis untuk mengecek jadwal keberangkatan armada perintis.

Berdasarkan data Pelabuhan Laut Biak menjadi pusat distribusi bahan pokok menggunakann kapal laut tujuan Biak-Waropen, Biak-Serui, Biak-Wondama, Biak-Mamberamo Raya, serta Biak-Pulau Numfor, Biak-Manokwari,Papua Barat serta Biak-Pulau Mapia Kabupaten Supiori. (ant).

loading...