Angkasa Pura 2

Ganjar Pranowo Dorong Pengalihan Angkutan Barang ke KA

EmplasemenSaturday, 24 January 2015

SEMARANG (beritatrans.com) – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan akan mendorong pengalihan angkutan barang dari darat ke kereta api (KA). Angkutan barang seperti semen menjadi beban bagi penataan dan peningkatan infrastruktur darat.

Penataan infrastruktur transportasi kereta mesti didukung dengan sarana angkutan yang tepat bagi distribusi barang. “Kita akan dorong penataan itu agar beban jalan bisa berkurang,” kata Ganjar di Semarang, Jumat (23/1/2015).

Sementara, Edi Sukmoro, Dirut PT KAI mengaku siap mendukung program Pemprov Jateng untuk meningkatkan angkutan berbasis rel itu. Sejauh ini, fasilitas dan infrastruktur KA di Jateng sudah ada dan tinggal mengoptimalkan. Bila mungkin dengan mengoptimalkan jalur-jalur KA sudah sudah lama tidak dioperasikan.

Dikatakan, fasilitas kereta api sudah siap jika akan menjadi pilihan bagi angkutan barang dengan penyediaan dan penataan infrastruktur rel dan layanan yang memadai. Dia optimistis upaya tersebut akan mengurangi beban angkutan jalan secara signifikan.

Edi berharap pengembangan jaringan KA dapat direalisasikan secepatnya. ”kalau bisa ya secepatnya sehingga kami membantu dengan pengalihan beban angkutan barang,” tandas dia/(helmi/bisnis)