Angkasa Pura 2

Pasokan BBM Subsidi di Jakarta Belum Normal Kembali

KoridorSabtu, 24 Januari 2015
Premium habis

JAKARTA (beritatrans.com) – Sejak beberapa hari terakhir terutama menjelang penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi menjadi Rp6.600/ liter untuk premium dan Rp6.400 untuk solar, pasokan barang ke masyarakat sampai sekarang belum pulih.

Beberapa SPBU di Jakarta masih dijumpai yang kehabisan stok BBMN terutama jenis premium. Sampai Jumat (23/1/2015) SPBU di Jalan Cakung Timur, tak jauh dari Terminal Pulo Gebang masih kehabisan stok premium.

Sebelumnya, SPBU di Jalan Gusti Ngurah Rai tepatnya di belakang Balaikota Jakarta Timur juga tutup karena kehabisan stok BBM. Akibatnya, masyarakat pengguna premium harus mencari ke SPBU lain atau terpaksa membeli pertamax.

Memang selisih harga antara BBM subsidi baik premium atau solar dengan pertamax makin tipis. Sejak akhir bulan lalu, harga minyak dunia turun ke level dibawah US$50/ barel.

Harga tersebut jauh dibawah harga pertengahan tahun 2014 saat harga minyak dunia bertengger di atas US$100 per barel.

Implikasinya, pemerintahan Jokowi-JK sudah dua kali menurunkan harga BBM bersubsidi di dalam negeri. Kendati harga BBM dijual sesuai zona, tapi harga BBM subsidi turun dan besaran subsidi ditetapkan secara tetap atau flat.

Pantauan beritatrans.com di lapangan, harga premium di SPBU di Jakarta rata-rata Rp6.600/ liter. Tapi, saat membeli premium di daerah Rawalumbu, Bekasi Timur harganya sudah Rp6.700/ liter.

Sementara, Manager Media PT Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, masih terjadinya kekurangan stok BBM subsidi di berbagai SPBU di Jakarta itu.

“Kemaren BBM di SPBU banyak diborong sehingga telat pengiriman. Tapi stock BBM di Depo Pertamina aman,” kata Adit menjawab beritatrans.com, Jumat (23/1/2015) petang.

Selama ini, stok BBM Premium di Pertamina rata-rata di atas 18 hari kerja. Sementara, BBM nonsubsidi baik pertamax atau premium dan solar yang dijual sesuai keekonomiannya lebih dari cukup. “Stok pertama lebih dari 30 hari kerja,” tegas Adim.(helmi)