Angkasa Pura 2

Untuk Percepat Temukan Pesawat Kecelakaan, NTSB Rekomendasikan Pemasangan Video di Kokpit

KokpitSabtu, 24 Januari 2015
080336_202264_airasia_ekor_2

WASHINGTON (beritatrans.com) – Untuk memudahkan pencarian pesawat yang mengalami kecelakaan sekaligus menyelidikinya, Badan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat (National Safety Transportation Board/NTSB) menyampaikan delapan rekomendasi kepada Regulator Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration).

Rekomendasi itu tertuang dalam surat proposal 13 halaman yang ditandatangani eksekutif NTSB yakni Christopher Hart, Robert Sumwalt dan Earl Weener. Demikian USA Today memberitakan, Sabtu.

Proposal rekomendasi diajukan berdasarkan banyaknya fakta sulit untuk segera menemukan lokasi jatuhnya pesawat dan mempelajari penyebabnya akibat tak terjangkau radar dan jaringan satelit tidak berfungsi.

Dari delapan rekomendasi itu termasuk pemasangan perekam video di kokpit dan peralatan lainnya yang dapat memastikan tim SAR dan petugas penyelidik mendapat informasi yang dibutuhkan tentang kecelakaan pesawat di laut tanpa mengambil kepingan pesawat dari dasar samudera.

Merespon rekomendasi itu, FAA menyatakan sedang bekerja dengan kalangan industri dan mitra internasional dalam membangun teknologi baru yang dapat digunakan oleh penyelidik kecelakaan pesawat.

Namun rekomendasi NTSB itu mengundang perdebatan. Bahkan sejumlah pilot menolaknya. Perdebatan antara lain penggunaan perekam video buatan tahun 2000, yang dianggap sudah ketinggalan teknologi.

Sementara itu, Organisasi Penerbangan Sipil Dunia (ICAO), badan di bawah Perserikatan Bangsa – Bangsa merekomendasikan peninjauan ulang jalur lintasan pesawat. (awe).