Angkasa Pura 2

Bobby: Pelni Ditunjuk Layani Kapal Perintis Angkut Barang

DermagaMonday, 26 January 2015

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan akan mengerahkan kapal perintis khusus angkutan logistik untuk melayani wilayah terpencil di lima propinsi.

Pengerahan kapal perintis tersebut, Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit mengutarakan akan memakai skema Passenger Service Obligation (PSO). Pemerintah melalui ABN akan memberikan dana untuk pengoperasiannya. “Karena memakai skema PSO, maka operatornya juga melalui prosedur penunjukan. Pemerintah berketetapan untuk memberikan dana PSO itu kepada PT Pelni,” jelasnya.

Manajemen PT Pelni diserahi tugas untuk mengadakan kapal barang. “Kapal – kapal Pelni itu nantinya akan beroperasi dari pelabuhan besar ke pelabuhan-pelabuhan kecil, karena itu dibutuhkan kapal barang berukuran sedang agar bisa berlabuh di pelabuhan kecil,” ungkapnya kepada beritatrans.com, Minggu (25/1/2015).

Mengenai alokasi PSO yang akan diberikan kepada Pelni, mantan Administrator Pelabuhan Tanjung Prok itu menegaskan masih belum diketahui, karena Pelni masih harus menyediakan kapal, sekaligus mengkalkulasi berapa biaya yang dibutuhkan, termasuk dalam mengoperasikan kapal – kapal itu. Setelah angka kebutuhan diusulkan, baru dibahas dengan Ditjen Perhubungan Laut. Proses tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu cepat.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memerintahkan untuk mengopersikan kapal-kapal perintis khusus pengangkut barang dengan jadwal teratur. Pengerahan kapal ini selain akan memperlancar distribusi komoditas kebutuhan masyarakat di wilayah terpencil, juga dalam rangka menekan harga barang. (aliy/helmi).