Angkasa Pura 2

Diancam Bom, Pesawat Southwest dan Delta Dikawal F-16

KokpitSenin, 26 Januari 2015
sabena 747 with f-16 aircraft

ATLANTA (beritatrans.com) – Sejumlah pesawat tempur F-16 terpaksa mengawal dua pesawat penumpang hingga mendarat di bandara Atlanta Amerika Serikat akhir pekan lalu setelah adanya ancaman bom lewat akun Twitter, menurut sejumlah pejabat militer.

Dua maskapai itu masing-masing Southwest Airlines Flight 2492 dan Delta Flight 1156 yang akhirnya mendarat dengan selamat di bandara internasional tersebut. Sejumlah unit penjinak bom segera menyisir isi pesawat, menurut pejabat perusahaan penerbangan itu. Namun dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan benda mencurigakan.

Salah satu landasan pacu bandara itu ditutup untuk sementara. Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah penerbangan ditunda. Sedangkan penumpang kedua maskapai itu kebingungan karena bagasinya merdeka diperiksa oleh sejumlah anjing pelacak dan aparat aparat keamanan.

Juru Bicara Delta, Morgan Durant mengatakan penerbangan yang terancam itu pada rute dari Oregon menuju Atlanta, Georgia. Dia menambahkan pihak Delta juga ikut membantu melakukan pemeriksaan yang dilakukan aparat keamanan. Sedangkan pesawat Southwest berasal dari Milwaukee, Wisconsin.

Pesawat tempur yang melakukan pengawalan itu berasal dari pangkalan McEntire Joint National Guard di South Carolina dan telah kembali ke pangkalannya setelah kedua pesawat itu mendarat dengan selamat.

“Apa yang anda lihat adalah sebuah respons yang sangat cepat,” ujar koresponden CNN Aviation Correspondent, Rene Marsh sebagaimana dikutuip CNN.com. Tidak ada yang mau ambil risiko dengan adanya ancaman teroris saat ini, ujarnya. (ani).

loading...