Angkasa Pura 2

KAI Segera Tertibkan Bangunan Liar di Bantaran Rel

EmplasemenSelasa, 27 Januari 2015
Bangunan rel

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Kerata Api Indonesia (KAI) Daops I Jakarta akan melanjutkan menertibkan bangunan liar di sepanjang banatarl rel di seluruh wilayah kerjanya. Bangunan liar yang akan ditertibkan meliputi lintas Jakarta-Bogor, Jakarta-Tangerang dan Jakarta Bekasi secara keseluruhan.

Manajemen KAI juga menyatakan tidak akan memberikan ganti rugi kepada para pemilik bangunan liar yang berada di pinggir rel Jakarta-Bogor.
Secara hukum, bangunan liar berada di tanah milik PT KAI dan merupakan hak dari PT KAI untuk membersihkan tanah tersebut dari bangunan yang bukan milik PT KAI.

“Kami sama sekali tidak memberikan ganti rugi. Kami hanya memberikan tenggat waktu bagi pemilik agar membongkar sendiri bangunannya,” kata Kepala Humas Daops I PT KAI Bambang Prayitno kepada Kompas.com, Selasa (27/1/2015).

Lintas rel yang sekarang sedang ditertibkan adalah kawasan Pasar Minggu dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Khusus untuk kawasan Lenteng Agung, PT KAI memberikan waktu bagi pemilik untuk membongkar sendiri bangunannya.

Adapun jangka waktunya adalah dari 21 Januari sampai dengan 27 Januari 2015. Beberapa waktu lalu, VP Head of Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin mengatakan, ke depannya tidak hanya jalur Bogor-Jakarta yang akan dibersihkan.

Dikatakan, rute-rute rel Daop I PT KAI akan dibersihkan. Rute Daop I misalnya lintas Jakarta-Tangerang, Jakarta-Merak, Jakarta-Bogor, dan Sukabumi.

“Semua akan dibersihkan. Pada umumnya, (mesti steril) 12 meter (dari rel). Tapi, ada juga yang bisa lebih lebar,” kata Agus lagi.(helmi/awe)

loading...