Angkasa Pura 2

IPC Janji Terminal Kalibaru Sudah Bisa Operasi pada Semester Pertama 2015

DermagaRabu, 28 Januari 2015
IMG_00001043

JAKARTA (beritatrans.com) – Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berjanji sudah akan bisa mengoperasikan Terminal Petikemas I pada pertengahan tahun 2015. Padahal berdasarkan Perpres Nomor 36 Tahun 2012, Terminal Petikemas I untuk pembangunan tahap pertama ini sudah harus mulai beroperasi pada Desember 2014.

“Kita memang sedikit mengalami keterlambatan. Tetapi kami targetkan pada pertengahan tahun ini sudah bisa dioperasikan, meskipun secara parsial,” kata Customer Service Manager IPC Hambar Wiyadi saat mendampingi tim Ditjen Hubla yang dipimpin Direktur Kepelabuhanan dan Pengerukan Adolf R Tambunan berkunjung ke proyek Terminal Petikemas Kalibaru Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Hambar Aryadi mengatakan, salah satu hambatan yang dialami IPC dalam pembangunan Terminal Petikemas Kalibaru adalah persoalan pembebasan tanah yang rencananya untuk akses jalan masuk dan keluar terminal. Hingga saat ini IPC masih belum menghasilkan kesepakatan dengan 500 KK yang lahannya bakal terkena proyek jalan akses tersebut.

Untuk menyiasati persoalan pembebasan lahan tersebut, IPC mengubah rencana pembangunan jalan akses menjadi tidak lagi harus melalui lahan yang masih dikuasai warga. IPC akhirnya membuat jalan sedikit menyimpang dari rencana awal dengan sistem fly over dan melewati lahan milik IPC sendiri.

“Panjang jalan akses ke Terminal Kalibaru ini sekitar 1,2 kilometer. Tapi karena terhambat oleh pembebasan lahan, maka sisa pembangunan jalan yang sekitar 700 meter menggunakan sistem fly over yang melintasi lahan milik kami sendiri,” ujarnya.

Meskipun demikian, katanya, pembebasan lahan yang masih dikuasai oleh sekitar 500 KK itu tetap akan dilanjutkan. Sebab pembebasan lahan tersebut tetap menjadi bagian rencana proyek pengembangan Terminal Kalibaru di masa datang. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari