Angkasa Pura 2

AP II Perluas Bandara Soetta dengan Dana APBN

BandaraJumat, 30 Januari 2015
Terminal 3 Ultimate

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyampaikan aneka proyek yang akan digarap PT Angkasa Pura (AP) II kepada DPR saat rapat kerja bersama Komisi VI kemarin. Salah satunya adalah proyek perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten.

AP II meneriman kuncuran dana dari APBN sebanyak Rp3 triliun. Tambahan modal tersebut akan dipakai untuk membiayai pembangunan dan pembebasan lahan landasan pacu (runway) ke-3 di Bandara Soetta. Tidak hanya itu, dana segar tersebut bakal dipakai membangun cross taxiway yang menghubungkan antara 2 runway di Bandara Soetta.

Saat ini, perusahaan pelat merah itu juga sedang mengerjakan mega proyek pengembangan Terminal 3 Ultimate di bandara tersebut. Targetnya proyek ini bisa rampung Juli 2015.

Saat selesai dan beroperasi normal, Terminal 3 Ultimate memiliki kapasitas hingga 25 juta pergerakan penumpang per tahun. Proyek pengembangan Terminal 3 Ultimate memakan investasi Rp4,7 triliun.

Seperti dikutip detik.com, AP II juga sudah membentuk anak usaha baru bersama tiga BUMN lain untuk proyek monorel di Bandara Soetta alias Sistem Angkutan Bandara atau disingkat ‘Sang Dara’.

Anak usaha patungan ini bernama PT Angkasa Pura Adhilenka. Anak usaha tersebut dimiliki oleh 4 perusahaan pelat merah, yaitu AP II, PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT LEN (Persero), dan PT Industri Kereta Api (INKA).(helmi/awe)