Angkasa Pura 2

Tahap Pertama Pengembangan Bandara Ahmad Yani Berbiaya Rp1,5 Triliun

BandaraSabtu, 31 Januari 2015
Sejumlah pesawat diparkir di Bandara Ahmad Yani, di Semarang, Jateng, Kamis (16/9).

SEMARANG (beritatrans.com) – Project Secretary Pengembangan Bandara Internasioanl Ahmad Yani IGN Agung Wirama menjelaskan pengembangan bandara terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama dengan nilai proyek mencapai Rp1,5 triliun terbagi dalam empat paket pengerjaan, yakni paket pengerjaan akses jalan, pematangan lahan dan fasilitas parkir terbuka seluas 43.500m2, paket pengembangan apron seluas 61.744 m2, paket pembangunan terminal dengan luas 40.900 m2, serta paket pengembangan fasilitas-fasilitas pendukung bandara, seperti kargo dan perkantoran.

Pengembangan tersebut akan menghadirkan sepuluh parking stand, masing-masing dua untuk pesawat berukuran besar (wide body) dan delapan untuk ukuran sedang (narrow body). Hingga saat ini Bandara Ahmad Yani telah mengoperasikan delapan parking stand, lima untuk pesawat berukuran sedang dan tiga lainnya untuk pesawat kecil.

Sementara itu, General Affairs and Communication Section Head PT Angkasa Pura (Persero) I Cabang Bandara Ahmad Yani Anom Fitra Anggono mengatakan pihaknya optimistis pengembangan akan sesuai dengan rencana awal.

“Pengembangan diperkirakan rampung pada akhir 2016 atau awal 2017 paling lama,” ungkapnya saat ditemui Bisnis, Jumat (30/1/2015).

Dia menuturkan pengembangan baru bagi penambahan kapasitas Bandara Ahmad Yani tersebut ditujukan untuk mengantisipasi tren peningkatan arus penumpang yang menggunakan moda transportasi udara.

Menurutnya, peningkatan kapasitas bandara, baik terminal, apron maupun fasilitas pendukung lainnya akan memaksimalkan layanan penerbangan di Jawa Tengah. (korrie).

loading...