Angkasa Pura 2

KAI Daop IV Purwokerto Bidik Angkutan Barang ke Tanjung Intan

EmplasemenMinggu, 1 Februari 2015
surono-pt-kai

PURWOKERTO (beritatrans.com) – PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Opersional V Purwokerto segera membenahi jalur KA antara stasiun Cilacap-Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap guna menyongsong kebijakan transportasi intermoda. KAI membidik pangsa pasar angkutan barang terutama dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap Jawa Tengah.

Manager Corporate Communication PT KAI Daop V, Surono mengatakan pembenahan perlu dilakukan guna meningkatkan angkutan barang dengan moda transportasi KA dari dan ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Dengan mengalihkan angkota barang ke KA, praktis akan menekan kerusakan jalan raya. Selain itu juga relative bebas dari kemacetan. “Kami akan benahi secara bertahap dengan jalur rel ke pelabuhan yang masih aktif,” kata Surono Sabtu (31/1/2015) katanya seperti dikutip bisnis.com.

Saat ini jalur rel yang masih aktif dari stasiun Cilacap ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap sepanjang 3,6 kilometer setiap hari digunakan untuk angkutan BBM avtur dari Depot Pertamina Cilacap menuju Rewulu.

Surono menjelaskan jalur rel ini masih menggunakan jenis rel R 33 dengan berat rel 33 kilogram per meternya serta bantalan besi.

“Rel jenis ini relatif kecil jika dibandingkan dengan rel jenis R 54 yang saat ini dipakai di lintas raya,” tegas Surono.(helmi/awe)