Angkasa Pura 2

KAI-Pemprov Sumbar Segera Reaktivasi Jalur KA

EmplasemenMinggu, 1 Februari 2015
Irwan_prayitno6

PADANG (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera melakukan reaktivasi jalur-jalur KA di wilayah Sumatera Barat (Sumbang). Sejalan dengan rencana tersebut, Pemerintah Provinsi (Pmprov) Sumatra Barat akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana reaktivasi jalur kereta api di daerah tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta Dinas Perhubungan setempat dan PT Kereta Api Indonesia divre Sumbar melakukan sosialiasi pembangunan tersebut. “Saya minta segera lakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama yang menyewa lahan PT KAI, sehingga tidak kaget ketika mau dipindahkan,” kata Irwan Prayitno melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Sabtu (31/1/2015).

Dia menyebutkan pemerintah berencana membangun jaringan kereta trans Sumatra yang terhubung dari Sumut, Riau, Sumbar, Jambi, dan Sumsel sepanjang sekitar 1.400 kilometer (Km).

Beberapa Gubernur di wilayah Sumatera sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Perhubungan untuk membangun KA TransSumatera. Proyek tersebut akan meningkatkan jaringan KA yang sudah ada dan beroperasi di wilayah Sumatera, terutama Divisi Regional Sumatera Utara dan Sumatera Barat serta Divisi Regional Sumatera Selatan dan Lampung.

Dikatakan Irwan, untuk wilayah Sumbar jaringan kereta api (KA) yang sudah ada bekas peninggalan kolonial Belanda sepanjang sekitar 280 kilometer dengan jalur Teluk Bayur-Sawahlunto, Padang-Pariaman, dan Padang-Payakumbuh.

“Jalur baru hanya untuk Sawahlunto ke Sijunjung dan Payakumbuh yang dihubungkan ke Riau,” tegas Irwan.(helmi/awe)

loading...