Angkasa Pura 2

Lagi, Ribuan Jadwal Penerbangan di Amerika Dibatalkan Akibat Serangan Badai Salju

KokpitSelasa, 3 Februari 2015
140105-jfk-runway-jsw.660;660;7;70;0

CHICAGO (beritatrans.com) – Badai salju mengakibatkan 6.365 penerbangan sudah dibatalkan sejak Minggu, termasuk sekitar 3.700 penerbangan hari Senin ketika jadwal bisnis mulai menggeliat. Untuk Selasa (3/2/2015) ini, sedikitnya 100 penerbangan terdampak.

Para maskapai besar, USA Today memberitakan sudah menerbitkan weather waivers, artinya para penumpang yang menuju bandara terdampak bisa mengubah jadwal tanpa dikenakan biaya tambahan yang umumnya berlaku.

Maskapai yang menerapkan kebijakan itu termasuk American, Delta, Frontier, JetBlue, Spirit, Southwest, United, US Airways dan Virgin America.

Gangguan cuaca ini terjadi saat melonjaknya penumpang dari ajang tahunan Super Bowl yang berencana pulang dari Phoenix, di mana badai salju juga melanda hari Minggu lalu. Di sana, sebanyak 115 penerbangan dibatalkan, atau 7% dari seluruh jadwal hari itu, karena kabut di bandara setempat yang menghambat penerbangan.

Para penonton Super Bowl yang berencana pulang dari Phoenix hari Senin menghadapi masalah lebih besar, khususnya yang menuju atau transit di Boston, Chicago, Detroit atau New York.

Bandara di kota-kota itu termasuk yang paling parah terkena badai hari Senin. Bandara O’Hare di Chicago menempati daftar teratas dengan lebih dari 1.000 penerbangan yang dibatalkan, menyusul pembatalan 1.400 penerbangan hari sebelumnya –- sekitar 70% dari seluruh jadwal hari Minggu. Dengan dua hari penuh pembatalan, makin banyak penumpang yang telantar menunggu penerbangan baru di Chicago.

Di Newark Liberty, sekitar separuh dari 590 jadwal penerbangan dibatalkan, ditambah lebih dari separuh dari 520 penerbangan di Boston dan sekitar duapertiga dari 700 penerbangan di New York LaGuardia. Di bandara John F Kennedy New York, hanya 145 penerbangan yang dibatalkan.

Badai ini bisa terus berdampak pada jadwal penerbangan di seluruh Amerika, bahkan di kota-kota yang relatif tenang tanpa badai. Sebagai contoh, penerbangan dari Fort Lauderdale menuju Dallas di wilayah selatan AS bisa tertunda atau batal kalau kru atau pesawat yang dijadwalkan beroperasi di rute itu terjebak masalah badai di wilayah utara. (leny).

loading...