Angkasa Pura 2

Pelabuhan Teluk Sigintung akan Dikembangkan Jadi Kawasan Industri & Penampung CPO

DermagaKamis, 5 Februari 2015
bongkar-muat-siap-280x187

SERUYAN (beritatrans.com) – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencanangkan Pelabuhan Sigintung yang terletak di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, untuk dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalimantan Tengah.

“Karena Pelabuhan Samudra Teluk Sigintung merupakan satu-satunya pelabuhan di Kalteng yang langsung mengarah ke laut Jawa,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menjelaskan, karena Pelabuhan Sigintung langsung mengarah ke laut, dan hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Kuala Pembuang, maka keluar masuk arus barang di Kalteng dapat dipercepat.

“Sehingga akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk wilayah Seruyan,” katanya.

Selain jadi kawasan industri, Pelabuhan Sigintung juga akan dijadikan pelabuhan penampung crude palm oil (CPO) dari perusahaan sawit maupun komoditas lain di wilayah tengah Kalteng, yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Timur dan Seruyan.

“Bahkan sudah diwacanakan bakal dibangun rel kereta api menuju kawasan pelabuhan multy purpose tersebut, dan saat ini Pemerintah Provinsi sudah merencanakan untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Teluk Sigintung,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Seruyan Pincianto menyatakan, pada 2015 ini pemerintah pusat kembali mengucurkan dana Rp25 miliar melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk melanjutkan pembangunan Pelabuhan Sigintung.

“Seperti sebelumnya, dana itu rencananya akan dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan dermaga pelabuhan yang dilakukan secara bertahap,” katanya.

Ia menegaskan, dengan dana yang diberikan secara bertahap maka pembangunan dermaga pelabuhan untuk sandaran kapal itu dapat diselesaikan hingga 2017 mendatang, dan apabila dana pusat itu mencukupi maka hingga akhir 2017 Pelabuhan Sigintung akan rampung secara keseluruhan termasuk pembangunan sisi darat berupa terminal dan fasilitas lainnya.

“Kita harapkan dalam pelaksanaan pembangunan ini tidak ada kendala, karena Pelabuhan Segintung merupakan pelabuhan samudera yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat,” katanya. (ant).

loading...