Angkasa Pura 2

Pertamina Siapkan Lelang Pengadaan 4 Kapal Pengangkut LNG

DermagaSelasa, 10 Februari 2015
kapal tanker

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan tender pengadaan empat unit kapal pengangkut liquefied natural gas (LNG) yang rencananya dibuka pada kuartal I 2015. Tender ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan LNG dalam negeri yang terus meningkat.

“Masih diskusi internal, antara dua atau empat unit. Kapasitasnya antara 170 ribu sampai 180 ribu metrik ton per kapal,” ujar Vice President LNG Pertamina Didik Sasongko di Jakarta, Selasa (10/2).

Berdasarkan neraca kebutuhan gas yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada 2025 mendatang Indonesia mengalami defisit gas mencapai 4 miliar kaki kubik per hari (BCFD) atau setara dengan 32 juta ton per annum (MTPA).

Oleh karena itu, Pertamina berencana mengimpor 7,5 MTPA gas dalam bentuk LNG dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Asia dan Australia mulai 2018 mendatang.

Didik mengatakan Pertamina berharap pengadaan dua sampai empat kapal ini bisa menjadi langkah awal manajemen untuk menjadikan Pertamina sebagai agregator gas di Indonesia. “Tapi ini rahasia dapur Pertamina. Saya tidak bisa jelaskan lebih lanjut,” katanya.

Sebelumnya demi menyiasati peningkatan kebutuhan gas domestik, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmadja mengaku akan menyiapkan sejumlah peraturan terkait penetapan alokasi penjualan LNG di dalam negeri alias domestic market obligation (DMO). Ketentuan ini sedianya bakal dimasukan kedalam revisi UU Migas yang saat ini usulannya tengah digodok oleh Pemerintah. (cnn).

loading...