Angkasa Pura 2

Perpanjang SIM Lewat Online Mulai 1 Juli 2015

Aksi PolisiRabu, 11 Februari 2015
beritatrans.com

JAKARTA (beritatrans.com) – Mabes Polri berencana melaksanakan program terintegrasi pelayanan perpanjangan masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) secara nasional dengan sistem online mulai 1 Juli 2015. Saat ini, program tersebut baru bisa dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Polri menjadikan DIY sebagai pilot project pelayanan perpanjangan SIM online. Mulai 1 Juli mendatang, proyek ini akan diperluas untuk 34 provinsi di Indonesia.

“Ini perwujudan dari pelayanan prima agar mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari tempat asalnya,” kata Kepala Korps Lalulintas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono melalui keterangan tertulis di Jakarta Selasa (10/2/2015).

Sama seperti layanan administrasi STNK, pelayanan SIM online hanya melayani perpanjangan SIM saja. Ini untuk mempermudah pemilik SIM yang jauh dari daerah dikeluarkanya SIM tersebut. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru tetap dilakukan di wilayah asal KTP si pembuat, termasuk mengikuti tahapan ujian praktik dan teori. (aliy)