Angkasa Pura 2

Jepang Danai Rp16 Triliun MRT Bunderan HI – Kampung Bandan

EmplasemenJumat, 13 Februari 2015
Konstruksi-MRT-Bundaran-HI-Sarinah-Ditutup

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) menjamin pemberian pinjaman untuk pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) koridor selatan-utara tahap II yang ditargetkan rampung pada 2018, kata Andrinof A. Chaniago.

“JICA memberitahukan bahwa mereka akan melanjutkan proyek yang sudah direncanakan sebelumnya, seperti untuk tahap kedua MRT,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas itu seusai bertemu dengan Presiden JICA Akihiko Tanaka di Jakarta, Kamis.

Kebutuhan pembiayaan proyek MRT tahap II ini, kata Andrinof, membutuhkan total anggaran sekitar Rp16 triliun. Namun, Andrinof tidak merinci berapa yang akan ditanggung JICA, mengingat jika melihat skema pembiayaan tahap I, Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui APBD juga ikut berpartisipasi.

“MRT tahap dua pendanaannya dibagi, tapi semua masih on the track. JICA memberikan rasa aman, dan menyatakan pemerintah tidak perlu ragu melanjutkan,” ujar dia.

Pembangunan MRT koridor selatan-utara tahap II mencakup rute Bundaran Hotel Indonesia hingga Kampung Bandan dengan panjang 8,1 kilometer.

JICA juga berkontribusi dalam pembiayaan MRT koridor selatan-utara tahap I untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,2 kilometer. Pembangunan tahap I ini telah berjalan dan ditargetkan selesai pada waktu yang sama dengan tahap II di 2018. (ant).

loading...