Angkasa Pura 2

Rhenald: Setiap Perubahan Diawali Dengan Cara Pandang Baru

SDMJumat, 13 Februari 2015
Setiap Perubahan Diawali Dengan Cara Pandang Baru

JAKARTA (beritatrans.com) – Perubahan di dunia ini dimulai dari cara pandang yang baru. Semua perubahan besar di dunia ini selalu diawali dengan perubahan cara pandang. Jika kita masih bergerak dan bergerak dengan cara pandang dan pola fikir lama tak akan terjadi perubahan itu.

“Copernicus beberapa abad silam merubah cara pandang dunia. Saat itu, peran gereja di Eropa sangat dominan. Tapi, dari puncak gereja dia bilang, yang menjadi pusat tata surya adalah matahari bukan bumi,” kata Prof.Rhenald Kasali saat memulai presentasi dihadapan pejabat Kementerian Perhubungan di Rumah Perubahan, Jakarta Jumat (13/2/2015).

Karena pendapatnya itu, lanjut Rhenald, Copernicus dianggap orang gila. Dia bahkan dikucilkan bahkan dihukum karena keyakinannya itu. “Tapi apa yang terjadi kini, justru Copernicus yang benar. Dialah justru yang menjadi awal perubahan besar di dunia sampai seperti sekarang,” papar Rhenald.

Oleh karena itu, untuk melakukan perubahan itu tugas kita adalah bagaimana merubah cara pandang orang agar dia bisa melihat. Tak bisa melakukan perubahan dengan kaca mata lama.

“Dengan cara pandang baru yang lebih fresh dan benar akan bisa dirumah dunia ini. Mind set, perilaku, sikap dan pelayanan kepada orang lain harus dirubah,” jelas Guru Besar FE UI itu.

Untuk melakukan perubahan harus diawali dengan membuka mata untuk melihat yang baru dan lebih baik. “Setelah melihat, dilanjutkan bergerak (melakukan perubahan) dan diakhiri dengan menyelesaikan,” urai Rhenald di depan pejabat eselon I dan II Kementerian Perhubungan tersebut.

“Jika kita bisa melihat, kemudian bergerak dan bisa diakhiri dengan baik, maka perubahan itu akan terjadi. Tapi, jika gerakan perubahan tidak dilakukan secara simultan dan sampai tuntas, maka tak ada perubahan dan perbaikan tersebut,” terang Rhenald.

Yang banyak terjadi, menurut Rhenald, banyak perubahan tidak dilakukan secara tuntas. Sudah melihat dan bergerak. Tapi tidak diselesaikan sampai tuntas.

“Yang menjadi tugas kita ke depan, gerakan perubahan itu harus tegas, simultan dan sampai tuntas. Perubahan ini suatu keniscayaan. Dan kita harus mulai dari sekarang, karena ini tuntutan zaman. Jika tidak akan tergilas oleh zaman itu sendiri,” tegas Rhenald yang juga mantan Direktur MM FE UI itu.(helmi)