Angkasa Pura 2

100 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun, 2 Tewas & 65 Luka

KoridorSenin, 16 Februari 2015
Foto Reuters

SEOUL (beritatrans.com) – Dua orang meninggal dan paling tidak 65 lainnya cedera dalam tabrakan beruntun di jembatan dekat Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Insiden yang terjadi Rabu silam melibatkan sekitar 100 kendaraan.

Tujuh orang terluka berat dan jumlahnya bisa bertambah, demikian keterangan Byeon Tae-u dari Departemen Pengelolaan Keselamatan dan Kebakaran Incheon.

Kecelakaan terjadi pagi hari di jalur yang menghubungkan Incheon dan Seoul. Petugas memperkirakan kecelakaan dipicu kabut tebal dan jalanan bersalju.

Belum diketahui apakah yang memulai tabrakan beruntun.

Park Sang-yeoul, petugas dari Kantor Kepolisian Seobu menyatakan, mobil-mobil yang rusak sudah dipindahkan dari jembatan penyeberangan laut sepanjang 4.400 meter itu. Ia tak mengetahui pasti jumlah kendaraan yang terseret dalam tabrakan beruntun. Hanya mengatakan, jumlahnya sekitar 100 kendaraan.

Lee Gyeong-hoon, pengemudi 39 tahun yang mobilnya terlibat dalam tabrakan beruntun memaparkan, dirinya berkendara dalam kecepatan lambat saat insiden terjadi. Ia melaju pelan-pelan, lantaran kabut membuat jarak penglihatan tak lebih dari 10 meter.

“Saya melihat lampu rem mobil di depan tiba-tiba menyala. Saya langsung menghentikan mobil,” kata Lee, yang mobilnya ditabrak dari belakang. Ia mampu membuka pintu mobil dan lari ke pinggir jalan.

Jalanan berkabut menangguhkan keberangkatan 18 penerbangan, sekaligus kedatangan tujuh pesawat di Bandara Internasional Incheon, kata juru bicara bandara Cho Sang-Hyun.

Insiden serupa terjadi di Negeri Ginseng pada 2006. Saat itu, sebanyak 29 mobil terseret tabrakan beruntun di tengah-tengah cuaca berkabut. Kecelakaan terjadi di jembatan penyeberangan laut lainnya. Sebanyak 11 orang meninggal dan lebih dari 50 terluka. (wsj).