Angkasa Pura 2

Proyek KA Bandara Soetta Senilai Rp2,81 T Segera Dimulai

EmplasemenSenin, 16 Februari 2015
Stasiun KA Bandara Soetta

JAKARTA (beritatrans.com) – Pembangunan kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) segera memasuki tahap baru. Nilai investasi total proyek tersebut mencapai Rp2,81 triliun, yang ditanggung masing-masing pihak terkait.

“Tanggal 18 Februari 2015 besuk akan dilakukan groundbreaking pembangunan KA Bandara. Acara itu akan dipimpin dan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura (AP) II Djoko Moerjatmodjo di di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dalam proyek pembangunan megaproyek itu, dia menjelaskan PT Railink sebagai operator KA Bandara mendapat kewajiban untuk menyediakan sarana kereta dengan nilai Rp850 miliar.

Sedangkan jalur rel senilai Rp1,8 triliun menjadi kewajiban PT Kereta Api Indonesia menyediakannya. “Untuk stasiun kereta di bandara dibangun oleh PT Angkasa Pura dengan nilai investasi Rp160 miliar. sehingga total Rp2,81 triliun,” jelas Djoko lagi.

“Proyek tersebut diharapkan secepatnya selesai. Targetnya tahun 2016 KA Bandara sudah dioperasikan untuk melayani masyarakat,” papar mantan Sekjen Perhubungan Udara Kemenhub itu.

“Mobilitas warga yang hendak atau pergi dari Bandara Soekarno – Hatta akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih nyaman dengan menggunakan kereta bandara. Apalagi penggunaan transportasi massal ini tentu saja berwawasan lingkungan karena sangat kecilnya polusi udara yang dihasilkan,” urai Djoko.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang, Said Endra Wiyanto, memastikan pelaksanaan konstruksi pembangunan jalur kereta Batu Ceper-Bandara Soekarno-Hatta bisa dimulai Februari ini.

Masalah lahan yang selama ini menjadi kendala sudah 100 persen selesai dibebaskan. “Masalah lahan sudah teratasi, 100 persen bebas. Kami pastikan proyek ini dimulai Februari ini,” kata Said kepada Tempo.

Said menjelaskan, kendala pembebasan lahan selama ini bertumpu pada 297 bidang tanah di antara Stasiun Batuceper menuju Bandara Soetta. “Kini semua sudah bisa diatasi dengan baik,” tegas dia.(helmi/awe)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari