Angkasa Pura 2

Kuliah Umum: Tommy Gelorakan Semangat Taruna ATKP Surabaya

SDMSelasa, 17 Februari 2015
ATKP Surabaya

JAKARTA (beritatrans.com)- Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo menggelorakan semangat dan perjuangan taruna ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Surabaya Jawa Timur. Taruna ATKP harus maju dan mampu mengisi formasi kebutuhan tenaga professional di sektor penerbangan, jika tak ingin semua diambil alih SDM asing saat era pasar bebas sudah dimulai.

“Indonesia butuh SDM yang hebat termasuk di sektor penerbangan. Indonesia kini membutuhkan banyak tenaga pilot, ATC, teknisi pesawat udara dalam jumlah besar. Tapi harus dipastikan mereka memiliki kualitas unggul,” katanya pada kuliah umum di ATKP Surabaya, Senin (16/2/105).

Kuliah umum tersebut diikuti seluruh civitas academika ATKP Surabaya, baik taruna, dosen dan instruktur serta tenaga kependidikan di kampus tersebut.

“Kuliah umum merupakan agenda rutin tahunan. Selain itu juga dilakukan untuk memperkuat dan menyatukan seluruh taruna transportasi sebagai pioneer untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa ini akan menjadi kuat dan unggul jika didukung SDM yang unggul pula,” kata Tommy.

Negara industry maju dan kaya seperti Jepang, Korea, Swiss bahkan Amerika Serikat (AS) dan Eropa karena didukung SDM yang hebat. “Mereka menjadi kuat dan disegani baik secara ekonomi dan kesejahteraan, karena keunggulan SDM-nya. Kondisi alam yang gersang, dan miskin bisa dirubah dan dimodifikasi menjadi produk bernilai tambah tinggi karena pemanfaatan iptek serta SDM yang unggul. Itulah kita wujudkan di Indonesia ke depan,” jelas Tommy.

Kuliah ATKP Sby

ATKP sebagai lembaga pendidikan tinggi di sektor penerbangan, menurut Tommy mempunyai peran dan fungsi yang signifikan. “Proses pendidikan di kampus ATKP Surabaya diharapkan mampu mendidik dan melahirkan SDM unggul sesuai kebutuhan dan dinamika yang berkembang.”

Indonesia yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke dengan ratusan bandara besar dan kecil, praktis membutuhkan SDM transportasi udara yang sangat besar. Indonesia juga negara kepulauan yang dipisahkan laut yang sangat luas. “Tapi mereka harus tetap utuh dan kokoh dalam bingkai Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI),” tandas Tommy.

Setiap jengkal wilayah NKRI harus dijaga dan dipertahankan. Sesuai UUD 1945, semua itu harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. “Termasuk ruang udara yang luas ini,” sebut Tommy.

“Mustahil Indonesia mampu menguasai negeri ini dan membawa kesejahteraan bagi rakyatnya jika tak bisa menguasai dan memberdayakan ruang udaranya. Disitulah dibutuhkan SDM yang unggul di segala bidang termasuk transportasi udara,” tegas Tommy.(helmi)

loading...