Angkasa Pura 2

Pelni Segera Beli 6 Kapal Barang

DermagaSelasa, 17 Februari 2015
Asujadi3_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Pelani akan membeli enam kapal barang jenis petikemas untuk mendukung program tol laut dan menjadi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Selain itu kebutuhan jasa angkutan kapal laut makin tinggi dan besar.

“Kapal tersebut akan dibeli dengan dana penyertaan modal negara (PMN) pada Pelni sebesar Rp500 miliar,” kata Kahumas Pelni Akhmad Sujadi pada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Dikatakan, kapal barang tersebut memang bukan baru. Tapi, kapal tersebut masih sangat laik laut dan lebih murah dibanding membeli kapal baru yang mencapai kisaran Rp1 triliun per unit.

“Kapal barang yang akan dibeli Pelni masing-masing ukuran 350 teus sebanyak 4 unit masing-masing Rp74 miliar. Selebihnya untuk membeli dua kapal barang/ petikemas ukuran 700 teus,” papar Sujadi lagi.

Melalui pembelian kapal barang tersebut, lanjut dia, Pelni akan lebih kuat menangani angkutan barang. Selama inbi, Pelni lebih fokus mengangkut penumpang dan belakangan juga mengangku barang dengan modifikasi kapal-kapalnya menjadi three in one.

“Kapal Pelni bisa mengangkut penumpang, barang dan petikemas. Ke depan akan membeli 6 kapal barang/ petikemas berbagai ukuran tersebut,” tegas Sujadi.(helmi/awe)