Angkasa Pura 2

Penumpang Mabuk Penyebab Terbesar 114 Gangguan di Dalam Pesawat Inggris Selama Tahun 2014

KokpitJumat, 20 Februari 2015
A woman drinks champagne outside an airplane

LONDON (beritatrans.com) – Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (Civil Aviation Authority/CAA) menyatakan terjadi 114 gangguan oleh penumpang selama penerbangan. Penyebab terbesar gangguan itu karena pengaruh alkohol.

Institusi tersebut mengemukakan jumlah gangguan dalam maskapai milik Inggris itu terus naik selama 4 tahun terakhir. Pada tahun 2013 terdapat 85 kasus, 47 kasus tahun 2012 dan 39 kasus tahun 2011.

Seperti dilansir Daily Mail, Kamis (19/2/2015), gangguan itu berpotensi membahayakan keselamatan penumpang dan kru, termasuk pilot. Gangguan itu berupa penumpang mencoba menyerang kru pesawat, mencoba memasuki ruang kokpit, merokok di toilet dan ancaman bom.

1

Pihak CAA menilai penumpang mabuk karena mengkonsumsi alkohol sebelum dan selama penerbangan. Karenanya, maskapai direkomendasikan untuk membatasi peluang konsumsi minuman memabukkan itu.

Kejadian tersebut antara lain pilot terpaksa memutuskan pesawat tujuan Dublin mendarat darurat karena ada seorang penumpang menari bugil dan memukul dinding dalam pesawat.

Pada Januari 2014, seorang pemumpang mencoba membuka pintu ketika pesawat hendak mendarat.

Merespon permintaan CAA itu, CEO Asosiaai Penerbangan Inggris (British Air Transport Association/BATA) Nathan Stower menyatakan pihaknya akan merumuskan mengenai batas konsumsi alkohol dan menolak penumpang yang mabuk sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan penerbangan sekaligus menjaga keselamatan.(awe).