Angkasa Pura 2

Jelang Sipencatar,

Tim BPSDM Perhubungan Segera Road Show ke 9 Kota di Indonesia

SDMSelasa, 24 Februari 2015
IMG_20150224_145131_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Tim Badan Pengembangan SDM Perhubungan akan melakukan lawatan atau road show ke sembilan kota di Tanah Air untuk sosialisasi rencana seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) tahun 2015. Road show tersebut akan dilakukan mulai awal Maret 2015 sampai pekan ketiga bulan Maret.

“Sebelum dimulai sipencatar, akan diawali dengan road show ke berbagai kota di Tanah Air. Tujuannya untuk sosialisasi mengenai seluk beluk sekolah transportasi di bawah BPSDM Perhubungan, waktu dan tempat pendaftaran sipencatar serta persyaratan lain yang dibutuhkan,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo pada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Data yang diterima beritatrans.com menunjukkan, road show BPSDM Perhubungan akan dilakukan ke sembilan kota atau daerah pekan pertama Maret 2015. Road show dimulai dari Padang Sumatera Barat, Jambi, Samarinda Kalimantan Timur, Palangkaraya Kalimantan Tengah, Palu Sulawesi Tengah, Kendari Sulawesi Tenggara, Mataram NTB, Kupang NTT dan Ambon Maluku.

Tujuan road show Tim BPSDM Perhubungan adalah ke Pemerintah Provinsi atau Dinas Perhubungan. Kota tujuan road show tersebut terutama di daerah-daerah yang belum ada kampus kota atau selama ini jumlah taruna di BPSDM Perhubungan relative kecil. “Sejauh ini, sudah ada 24 kampus di bawah BPSDM Perhubungan, meliputi empat moda transportasi baik darat, laut, udara serta kereta api (KA).

“Kita perlu terus memperkenalkan sekolah-sekolah transportasi di bawah BPSDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan. Selain ada 24 kampus dan akan segera bertambah lagi yaitu Kampus BP2IP di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Mulai tahun 2015, BP2IP Minahasa siap menerima taruna baru tahun ini,” jelas Tommy.

Seperti diketahui, pada tahun ajaran 2015 BPSDM Perhubungan akan menerima sekitar 3.500 taruna baru. Mereka akan di tempatkan di berbagai kampus yang tersebar mulai Banda Aceh sampai Sorong dan Jayapura Papua.

“Saat ini total taruna di bawah BPSDM Perhubungan sekitar 16.000 orang. Tapi, kalau termasuk taruna perserta kursus singkat atau short course berbagai jenis profesi dan keahlian terutama pilot dan peluat dalam setahun bisa melukuskan sampai 250.000 orang,” papar Tommy didampingi Kasubag Humas BPSDM Perhubungan Imam Agustomo itu.

Setelah road show selesai dan sosialisasi mengenai sipencatar tahun 2015 dirasa cukup, tahap berikutnya penerimaan taruna baru atau sipencatar. “Yang pasti, akhir Maret 2015 sipencatar akan dimulai. Setiap pemuda Indonesia khususnya alumni SLTA atau sederajat boleh ikut sipencatar. Selama mereka memenuhi syarat dan lolos seleksi yang dilakukan panitia, akan diterima sebagai taruna transportasi perhubungan,” terang Tommy.

“Sipencatar tahun 2015 akan dilakukan serentak dengan sistem dan cara yang transparan. Informasi mengenai sipencatar akan dibuka umum dan seluruh rakyat Indonesia berhak untuk ikut mendaftar sebagai taruna baru,” tegas Tommy.(helmi)