Angkasa Pura 2

BPSDM P Segera Tambah 51 Pesawat dan 6 Kapal Latih untuk Taruna

SDMRabu, 25 Februari 2015
Pesawat Latih STPI

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDM P) tahun 2015 akanmenerima tambahan 51 pesawat latih dan 6 kapal latih untuk taruna. Fasilitas pendidikan dan latihan (diklat) itu akan dibiayai negara, dimulai dengan dana APBNP tahun 2015.

“Proyek tersebut akan dibiayai dengan dana multiyear selama tiga tahun ke depan. Paling tidak tahun ini akan dibayar uang mukanya dari APBNP 2015,” kata Kepala BPSDM P Wahju Satrio Utomo di Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Dikatakan, pesawat latih baru tersebut, diantaranya akan di tempatan di beberapa sekolah penerbangan di Tanah Air. Sebanyak 23 unit akan ditempatkan di STPI Curug, 11 unit di Loka Banyuwangi Jawa Timur dan 5 diantaranya untuk Sekolah Penerbangan Rengat, Riau. Rengat merupakan satelit penerbangan dari STPI Curug.

“Pesawat latih itu harganya untul single engine sekitar Rp14 miliar, multi engine Rp20 miliar. Selain itu juga akan membeli pesawat latih jenis helikopter dengan harga hampir sama,” jelas Tommy didamngi Kasubag Humas BPSDM Imam Agustomo itu.

Sementara, untuk pembelian enam kapal latih baru masing-masing akan di tempatkan di BP2IP Malayahati Banda Aceh, STIP Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, PIP Makassar, Poltekpel Surabaya dan BP2IP Sorong.

“Untuk kapal latih taruna ini, harganya sekitar Rp20 miliar. Kapal ini sekaligus akan dioperasikan untuk kapal perintis. Kapal tersebut diawaki atau dioperasikan oleh para taruna yang sedang berlatih berlayar. Dengan begitu bisa lebih menghemat biaya dan meningkatkan kapasitas pendidikan dan latihan untuk taruna kita,” terang Tommy.

Dia menambahkan, sejauh ini BPSDM Perhubungan baru mempunyai dua kapal latih. Kapal tersebut masing-masing adalah KN Bima Sakti di PIP Semarang dan satu lagi kapal latih di BP2IP Barombong Makassar, Sulawesi Selatan. Kapal tersebut merupakan hibah dari Direktorat Kenavigasian Ditjen Perhubunga Laut.

“Dengan tambahan kapal latih baru, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelaut Indonesia ke depan,” tegas Tommy.(helmi)

loading...
  • Neneng Narmiyanti

    Semoga lancar..