Angkasa Pura 2

Bahas Angkutan Massal, Jokowi Panggil Tiga Gubernur

KoridorKamis, 26 Februari 2015
MRT Jakarta Proyek

JAKARTA (beritatrans.com) – Tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya harus mempunyai angkutan umum massal, untuk menyediakan angkutan umum bagi warganya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil tiga kepala daerah terkait untuk membahas pembangunan proyek angkutan umum missal tersebut.

Presiden Jokowi, Rabu (25/2/2015) memanggil tiga gubernur atau kepala daerah, masing-masing Wagub DKI Djarot Syaifullah, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Gubernur Jatim Seokarwo. Jokowi mengundang rapat terbatas membahas kemacetan dan transportasi massal.

“Kita bicara soal transportasi massal utamanya di Jakarta, dan daerah sekitar, Tangerang, Depok, dan kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Bandung,” ujar Jokowi ketika membuka rapat di Kantor Presiden Jakarta.

Seperti dikutip detik.com, Jokowi menilai kota-kota tersebut sudah semakin para tingkat kemacetannya. Menurut Jokowi, banyak rencana yang sudah disampaikan kepada dirinya, namun dalam tingkat pelaksanaan terlambat.

“Tapi tidak segera diputuskan sehingga kita terlambat dalam hal mengantisipasi kemacetan. Misalnya, MRT sudah 24 tahun tidak diputuskan,” tuturnya.

“Kemudian yang Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang saya kira dalam rencana sudah ada. Di Surabaya, monorail juga sudah. Di Bandung juga sudah. Kalau ini tidak segera diputus, kita hanya punya rencana tapi barangnya tidak akan pernah kita lihat,” lanjutnya.

Jokowi menegaskan perlu adanya kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah. Jokowi berharap sistem transportasi kedepan lebih baik.(helmi/awe)

loading...