Angkasa Pura 2

Australia Tenggelamkan 1.200 Kapal Indonesia

Dermaga Kelautan & PerikananKamis, 26 Februari 2015
2015-02-26 21.01.36

JAKARTA (beritatrans.com) – Berdasarkan data dari Kedutaan Besar Indonesia di Australia, tercatat Australia telah menenggelamkan 1.200 kapal asal Indonesia dalam waktu 10 tahun terakhir. Artinya, rata-rata Australia menenggelamkan kapal asal Indonesia 120 kapal per tahun, atau 10 kapal per bulan.

Jumlah tersebut tergolong signifikan dibandingkan dengan Indonesia yang menenggelamkan kapal selama ini tidak mencapai sebanyak Australia.

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sudirman Saat mengatakan pihaknya menemukan sebagian besar kapal nelayan yang ditenggelamkan Australia ternyata tidak melakukan kegiatan illegal fishing.

Namun sebagian besar kapal nelayan yang ditenggelamkan itu, dia mengemukakan lantaran menyelundupkan manusia pencari suaka ke negeri tersebut.

“Data penenggelaman kapal nelayan Indonesia sebanyak 1.200 kapal itu dilakukan sejak tahun 2005,” ujar Sudirman, Kamis (26/2).

Menurutnya, pemberitaan soal penenggelaman kapal milik nelayan Indonesia oleh Australia tidak begitu disorot media sehingga kurang tereskspos. Dengan fakta ini, maka KKP merasa tidak sendirian dalam kebijakan penenggelaman kapal asing yang terbukti mencuri ikan atau melanggar peraturan di zona wilayah Indonesia.(ani).