Angkasa Pura 2

Bangka Tengah Butuh Pelabuhan Besar

DermagaKamis, 26 Februari 2015
2015-02-26 12.45.58

BANGKA (beritatrans.com) – Kabupaten Bangka Tengah, berharap dapat memiliki pelabuhan laut yang dapat disinggahi kapal besar. Sebab selama ini, kapal besar hanya lewat saja di perairan Bangka Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Bateng, Ibnu Saleh di hadapan General Manager Pelindo II, KSOP Pangkalbalam dan Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat pembahasan rencana pengembangan Pelabuhan Sungai Selan di ruang rapat Sekda Bateng, Rabu (25/02/2015).

“Keinginan akan pelabuhan besar di Bangka Tengah ini, memang sudah lama, bahkan Pak Bupati sudah lama menginginkan ada pelabuhan besar di Bangka Tengah, sebab selama ini, banyak kapal besar yang hanya numpang lewat di depan kita. Dengan adanya pelabuhan besar ini diharapkan dapat membantu perekenomian masyarakat dan menciptakan pembangunan dibidang kelautan, sesuai dengan program Pak Presiden,” kata Ibnu Saleh.

Menurut Ibnu, dengan adanya pelabuhan besar ini paling tidak kapal-kapal besar tersebut, akan singgah untuk mengisi air tawar, bahan bakar dan lain sebagainya dan ini akan menambah pendapatan daerah dan masyarakat.

Disisi lain daerah yang menjadi lokasi pelabuhan tersebut akan menjadi maju dan adanya pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.
” Selain itu, dengan adanya pelabuhan besar di wilayah kita paling tidak bisa menjadi salah satu pintu keluar ekspor dari Indonesia ke luar negeri maupun sebaliknya sebagai tempat masuknya produk dari luar negeri,” ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, Ibnu Saleh meminta kepada pihak Pelindo II agar pelabuhan Sungai Selan dapat dikembangkan lagi sampai ke muara. Karena pada zaman Belanda sudah ada pelabuhan yang berada di muara sungai. Namun sekarang tidak dimanfaatkan dan sudah menjadi hutan kembali.

“Kami meminta kepada Bapak-Bapak sekalian agar dikembangkan lagi pelabuhan Sungai Selan ini sampai ke muaranya dan kami dari pemerintah daerah sudah ada rencana membuat jalan dari pelabuhan sekarang ke arah muara kurang lebih tujuh kilo meter,”kata Ibnu

Selain itu, lanjutnya untuk pelabuhan yang ada sekarang agar ditingkatkan lagi dan tetap dijadikan pelabuhan rakyat yang membawa penumpang dari Sumatera Selatan ke Bangka Belitung sedangkan pelabuhan yang berada di muara sungai nanti dijadikan pelabuhan khusus untuk bongkar muat barang.

“Kami juga meminta agar pelabuhan yang ada sekarang ditingkatkan lagi, dan yang di muara dijadikan pelabuhan bongkar muat barang saja,” ujarnya. (tribunnews).

loading...